Jumat, 14 Oktober 2016 10:01 WIB

Polda Kerahkan 2.800 Personel Amankan Unjuk Rasa di Balaikota

Editor : Danang Fajar
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ribuan ormas keagamaan akan berunjuk rasa di kantor Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/10/2016)

Mereka berunjuk rasa untuk memprotes ucapan Ahok mengenai Surat Al Maidah ayat 51 dan menolak Ahok sebagai calon petahana dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan Polda Metro Jaya siap melakukan pengamanan aksi unjuk rasa tersebut. Sebanyak 2.800 personel yang terbagi dalam 28 satuan setingkat kompi (SSK) telah disiagakan ke lokasi unjuk rasa.

"Kita menyiapkan 28 SSK. Tapi bisa ditambah dan bisa berubah sesuai dengan kekuatan massa," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (14/10/2016).

Selain pengerahan personel, petugas juga mengerahkan sejumlah kendaraan taktis. Salah satunya barracuda, serta mobil pemadam api.

"PPH, Dalmas, sudah menyiapkan semua prasarana yang ada. Sudah protap melekat ya. Mulai dari tameng, gas air mata, pemadam api, satwa, barracuda, dll," jelas Awi.

Berdasarkan laporan yang diterima Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Metro Jaya, ada lebih kurang 5.000 orang yang akan berunjuk rasa. Rencananya, mereka memulai aksinya dari Masjid Istiqlal dan melakukan long march ke Balai Kota DKI Jakarta. Selain itu, petugas akan menjaga ketat dua gereja, kantor Kedutaan Besar Amerika, dan kantor Wakil Presiden RI.

Sedangkan untuk mengurai arus lalu lintas, petugas akan memberlakukan sistem buka tutup di Jalan Medan Merdeka Timur dan Medan Merdeka Selatan.

"Kita lihat situasional di lapangan untuk buka tutup jalan," tandas Awi.
0 Komentar