Senin, 17 Oktober 2016 09:42 WIB

Anies Baswedan: Jaga dan Lestarikan Budaya Betawi

Editor : Hendrik Simorangkir
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengingatkan generasi bangsa agar terus menjaga serta melestarikan kebudayaan Betawi supaya tidak hilang seiring perkembangan zaman serta maraknya konsumsi budaya asing yang ditiru masyarakat, khususnya anak muda.

"Mengenai kebudayaan, jangan sampai tersingkir, saya pikir di sini sangat luar biasa, anak-anak mudanya masih mengadopsi budaya Betawi, jangan hanya menjaga namun juga harus dikembangkan," ujarnya di Kampung Waru Doyong, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (16/10/2016).

Anies menambahkan, kebudayaan akan masuk dalam program Anies dan Sandi ke depan jika mendapat amanah dari warga dalam memimpin Jakarta, karena hal tersebut masih menjadi perhatian utama untuk keduanya dalam membuat Ibu Kota menjadi lebih menarik.

"Ini program saya juga, Jakarta bukan hanya kota untuk berbagai warga dalam mencari kehidupan, tapi Kota Jakarta adalah tempat tradisi kebudayaan serta sejarah yang panjang dengan berbagai macam perkumpulan warga dari berbagai ras serta budaya," tambahnya.

Dirinya menjelaskan, saat anak muda sudah memiliki keinginan dalam menjaga serta melestarikan kebudayaan secara turun-temurun, pemerintah ke depan harus membuatkan ruang untuk mereka dapat berkreasi melakukan suatu hal produktif agar tidak terjerumus pergaulan yang tak produktif.

"Hal ini akan ditangani secara serius, ke depannya harus ada lebih banyak ruang terbuka ekspresi seni untuk anak muda yang berjiwa seniman dan budayawan, karena tadi kita saksikan anak muda di sini sangat lah terampil memainkan budaya palang pintu aseli Betawi," pungkasnya.
0 Komentar