Minggu, 23 Oktober 2016 13:46 WIB

Polsek Pasar Kemis Jelaskan Modus dan Cara Kerja Komplotan Spesialis Pembobol Minimarket

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan: Hendrik Simorangkir


JAKARTA, Tigapilarnews.com - Polsek Pasar Kemis merilis lima tersangka komplotan spesialis pembobol minimatket, yang diringkus Sabtu (22/10/2016).


Masing-masing yakni JH (63), LA (34), JMS (33), HD (42), dan DS (30). Tak tanggung-tanggung, wilayah sasaran komplotan ini terbilang luas, yaitu Jabodetabek dan Banten.


"Sebelum beraksi, minimarket yang diincar akan dipelajari dulu oleh komplotan tersebut selama beberapa hari. Kemudian baru membuat rencana," ujar Kapolsek Pasar Kemis, Kompol Kosasih, Minggu (23/10/2016).


Lanjutnya, saat berhasil masuk ke dalam minimarket, yang pertama dilakukan oleh komplotan tersebut yakni mengamankan CCTV dan mengambil alat penyimpanan data rekaman CCTV.


"Setelah berhasil mengamankan semua CCTV, barulah mereka menggasak barang-barang di dalam minimarket dan kabur. Umumnya, setiap aksinya, hasil dari operasi mereka dibagi rata, yang masing-masing bisa mendapatkan Rp5 juta-an. Tapi itu semua tergantung hasil yang diperoleh," jelas Kosasih.


Barang hasil curian para tersangka, tambah Kosasih, kemudian dijual kembali untuk mendapatkan uang tunai. Setelah itu, uangnya dibagi rata ke masing-masing tersangka.


"Komplotan ini, selalu menyisihkan uang hasil penjualan yang akan digunakan untuk mengontrak rumah dekat dengan target minimarket yang akan disasar berikutnya," katanya.


Sebelumnya, komplotan ini diringkus petugas disebuah kawasan yang dijadikan markas sekaligus tempat persembunyian di Perumahan Sudirman, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.


Dari lokasi itu, petugas juga menemukan puluhan kardus berisi barang-barang hasil curian, seperti susu, rokok, kosmetik hingga sembako.(exe/ist)


0 Komentar