Minggu, 23 Oktober 2016 16:11 WIB

Sandiaga Jalin Kesepakatan dengan Forum Santri untuk Jakarta

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan: Arif Muhammad Riyan


JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid, menilai di tengah kemajuannya, Jakarta masih memerlukan peran santri.


Utamanya menyangkut pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, keberadaan santri di ibukota memiliki peran strategis dalam merancang pembangunan yang bukan hanya infrastrukturnya, namun manusianya. Di Jakarta sendiri, dikatakan Hidayat, terdapat sekitar 300 pesantren.


"Ini mengartikan bahwa peran pesantren dan santri tidak boleh dilepas dari perkembangan dan kemajuan ibukota," ucap Hidayat di Jakarta, Minggu (23/10/2016).


Hidayat meyakini bahwa santri memiliki harapan yang sama untuk menjadikan Indonesia, utamanya Jakarta, yang lebih baik.


"Kita pasti menginginkan Jakarta ini terbebas dari jebakan darurat moral, darurat miras, darurat kejahatan dan darurat sumber daya manusia," ucapnya.


Karena itu, kata Hidayat, pasangan Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, yang diusung partainya bersama Partai Gerindra akan meminta masukan dari santri agar berbagai pemikiran yang mengerucut pada perbaikan dapat juga disampaikan ke masyarakat.


Ihwal tersebut dibuktikan dengan ditekennya kontrak politik yang dilakukan Sandiaga Uno dengan Forum Santri untuk Jakarta (FSJ) saat memperingati Hari Santri Nasional di kediaman KH Nasir Zein, Jl. KH. Ramli No. 24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.


Dalam kontrak tersebut, ada enam poin kesepakatan yang diminta FSJ dan ditandatangani Sandiaga. Yakni memberikan kepedulian dan perhatian yang besar terhadap santri guru dan pesantren beserta sarana prasarana, menciptakan Jakarta dan warganya yang lebih manusiawi berkarakter dan beretika dan memberikan kepedulian dan perhatian yang besar terhadap kegiatan keagamaan serta rumah ibadah.


Selain itu, Anies-Sandi juga diminta meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta, tegas dalam memberantas narkoba, miras, prostitusi, kejahatan terhadap wanita dan anak serta menghidupkan kegiatan Islam di instansi pemerintah yang saat ini dihapuskan.


"Kami Forum Santri Jakarta, dengan ini menyatakan dukungan penuh kepada pasangan Anies-Sandi sebagai cagub dan cawagub DKI Jakarta demi terwujudnya Jakarta yang sejahtera untuk semua. Allahuakbar," ucap Ketua Forum Santri untuk Jakarta, Budiman Latief, di kediaman KH Nasir Zein , Jl. KH. Ramli No. 24, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.


Sandiaga mengaku tak keberatan dan siap mewujudkan komitmen tersebut jika memenangkan Pilkada DKI 2017 nanti.(exe/ist)


0 Komentar