Rabu, 26 Oktober 2016 10:04 WIB

Walikota Tangerang Berbagi Ilmu Smart City kepada Walikota Serang

Editor : Danang Fajar
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Smart City atau Kota Cerdas, adalah salah satu solusi bagi pemerintah daerah untuk bergerak cepat dalam menyikapi berbagai perkembangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Paparan tersebut disampaikan oleh Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, saat menjadi narasumber dalam Kegiatan Sosialisasi Percepatan Pembangunan Smart City Kota Serang melalui Madani Smart City, di Aula Hotel Allium, Kota Tangerang.

Arief memaparkan, jika pemerintah daerah tidak dapat melakukan akselerasi dalam menyikapi perkembangan di masyarakat, penyelenggaraan roda pemerintahan baik internal dan eksternal tidak akan berjalan seimbang.

Melalui pengembangan Smart City dengan memanfaatkan berbagai aplikasi berbasis teknologi, tentunya kami ingin menuju pada sebuah peningkatan kinerja serta kemudahan, kecepatan dan solusi bagi kemajuan kota, pegawai serta masyarakatnya.

"Ada tiga aspek yang harus dipenuhi untuk menyukseskan konsep smart city yaitu hardware, software dan brainware," ujar Arief, dihadapan Walikota Serang, Tubagus Haerul Zaman, Rabu (26/10/2016).

Hardware itu, lanjut Arief, berbicara pada infrastruktur, seperti kalau Base Transceiver Station (BTS)-nya belum banyak dan lambat itu susah. Sementara software, soal aplikasi maupun sensoring, yaitu aplikasi untuk menangkap data-data realtime dari masyarakat. Sedangkan brainware, adalah sumber daya manusianya. Di mana SDM yang ada, harus paham soal hardware dan software yang digunakan.

"Tiga aspek tersebut, harus bersinergis dalam pengembangan Kota Cerdas. Hal itu juga yang terus kami tingkatkan agar semakin memudahkan setiap pekerjaan dan dapat merespon dengan cepat setiap masukan dari masyarakat," jelasnya.

Arief menambahkan, sangat mengapresiasi upaya Walikota Serang beserta jajarannya yang bergerak cepat menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) Tangerang Smart City yang telah dilakukan di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, pada Selasa (20/9/2016).

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada Pemkot Tangerang yang telah memberikan ruang untuk berbagi ilmu dam implementasi soal konsep Smart City kepada aparatur di lingkup Kota Serang.

"Ketertarikan dan kesungguhan Kota Serang untuk menerapkan Konsep Kota Cerdas, langsung ditindaklanjuti dengan cepat diantaranya melalui kegiatan sosialisasi dan sharing ilmu pada hari ini. Untuk sebuah perubahan yang baik harus mau berkorban dan terus belajar," kata Arief.

Sementara itu, Tubagus Haerul Zaman menuturkan, pengembangan Kota Cerdas di Kota Tangerang dinilainya sudah berjalan dengan baik. Hal itulah yang membuatnya yakin untuk melakukan MoU dengan Kota Tangerang dan mengundang Arief dalam kegiatan Sosialisasi Percepatan Pembangunan Smart City Kota Serang. Dirinya berharap kepada para kepala OPD untuk dapat menyerap ilmu, wawasan dan pengalaman yang telah dilaksanakan di Kota Tangerang untuk kemudian diterapkan di Pemkot Serang.

"Terima kasih atas kehadiran pak walikota Tangerang, untuk berbagi ilmunya dan kami berharap dapat lebih meningkatkan kualitas pembangunan dan pelayanan bagi warga Kota Serang di masa depan," pungkas Tubagus.
0 Komentar