Rabu, 26 Oktober 2016 18:06 WIB

Pemkot Jakut Gelar Uji Emisi Gratis di Kelapa Gading

Editor : Hermawan
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Pemkot Jakarta Utara mengadakan uji emisi gratis di Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (26/10/2016).

Uji emisi ini sebagai upaya pengendalian pencemaran udara di Jakarta Utara. Pemkot Jakarta Utara menggelar uji emis kendaraan ini selama dua hari mulai hari ini dan besok, Kamis (27/10/2016).

“Jakarta Utara adalah kota sibuk dengan beragam kendaraan kecil hingga besar. Dikhawatirkan akan mengalami penurunan kualitas udara karena emisi gas buang kendaraan yang melebihi ambang batas. Bila melebihi ambang batas akan membayakan kesehatan dan merusak lingkungan,” jelas Walikota Jakarta, Wahyu Haryadi, di lokasi uji emisi, Rabu (26/10/2016).

Sementara itu, seorang pengendara mobil, Dea (28) mengaku senang dengan adanya uji emisi gratis kendaraan ini.

“Dengan uji emsi ini, kita jadi tahu kondisi kendaraan kita,” ujar Dea.

Dea menjelaskan meskipun rutin melakukan servis berkala kendaraannya, tetapi dia tidak mengetahui, apakah emisi mobilnya sudah sesuai baku mutu gas buang yang ditetapkan pemerintah.

"Servis kan cuma buat mengetahui kondisi kendaraan saja. Di bengkel tidak dikasih tahu mengenai hal seperti ini," tutur Dea.

Seperti diketahui, kendaraan dengan bahan bakar bensin dengan bilangan oktana 87, ditentukan maksimal 4,5 untuk CO dan 1.200 ppm untuk HC.

Sedangkan kendaraan dengan bahan bakar solar/diesel bilangan setana 45, ditentukan maksimal ekivalen 50, Bosch pada diameter 102 mm atau 25, opasitti untuk ketebalan asap.

 

 
0 Komentar