Rabu, 26 Oktober 2016 23:00 WIB

Anies Baswedan Janji Perbaiki Kualitas Pendidikan di Jakarta

Editor : Yusuf Ibrahim
Laporan: Ryan Suryadi


JAKARTA, Tigapilarnews.com - Calon Gubernur (cagub) DKI Jakarta, Anies Baswedan, sudah memiliki pandangan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Jakarta.


Dia berharap kualitas pendidikan di ibu kota tak ketinggalan dengan daerah-daerah lainnya, bahkan lebih unggul. "Kita ingin agar sekolah itu kualitasnya tinggi, sama dengan kota-kota besar lainnya," kata Anies di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2016).


Salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta, jelas Anies, yakni memastikan angka putus sekolah mendekati nol, mengingat akses pendidikan di ibukota sangatlah mudah. Selain itu, memfasilitasi pengembangan pendidikan tinggi untuk warga dan fasilitasi pendidikan memasuki dunia kerja, seperti pengadaan pelatihan-pelatihan wirausaha dan lainnya.


"Guru-gurunya juga akan terus diberikan pelatihan pengembangan diri," tutur Anies.


Dari sisi kesejahteraan, lanjut Anies, guru-guru di Jakarta kondisinya sudah cukup baik, bahkan paling sejahtera se-Indonesia. "Nah, dari sisi kinerja, kompetensi, itulah yang akan kita dorong," jelasnya.


Saat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) era Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Anies telah berupaya melakukan sejumlah terobosan.


Di antaranya, merevisi kurikulum 2013 agar lebih memudahkan siswa dan guru, menghapus ketentuan ujian nasional sebagai kriteria penentu kelulusan siswa, ujian nasional berbasis komputer, serta membuat indeks integritas ujian nasional untuk seluruh sekolah di Tanah Air.


"Sekitar 95 persen program-program yang ditetapkan terlaksana," ujar Anies.(exe)

0 Komentar