Kamis, 27 Oktober 2016 07:50 WIB

Rusia dan Saudi Dianggap Berisiko Rusak Kredibilitas Dewan HAM PBB

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kelompok Hak Asasi Manusia internasional, Human Right Watch (HRW) dan Amnesti Internasional (AI) menilai Rusia dan Arab Saudi tidak pantas berada di Dewan HAM PBB.

Kedua negara tersebut berencana mencalonkan diri sebagai anggota Dewan HAM PBB. Kedua organisasi itu mengatakan, baik Rusia ataupun Saudi memiliki masalah dalam hal penghormatan terhadap HAM. Rusia dinilai melakukan serangan terhadap warga sipil di Aleppo dan Saudi menyerang warga sipil Yaman.

Selain itu, kedua kelompok HAM itu juga menyebut, pencalonan kedua negara tersebut berisiko merusak kredibilitas Dewan HAM PBB dan kemampuannya untuk menghukum mereka yang melakukan pelanggaran terhadap HAM.

"Kemampuan Dewan HAM PBB untuk berhasil mengekspos pelanggaran berada di bawah ancaman, karena sejumlah negara menggunakannya untuk menggagalkan upaya mengekspos kejahatan dan pelanggaran mereka sendiri," kata Direktur HRW untuk PBB, Louis Charbonneau, seperti dilansir Harretz pada Selasa (25/10).

HRW dan AI juga turut menyebut China dan Mesir tidak pantas berada di dalam tubuh badan PBB tersebut. Majelis Umum PBB akan mengadakan pemilihan untuk menetukan 47 negara anggota Dewan HAM PBB pada tanggal 28 Oktober mendatang.(exe/ist)
0 Komentar