Kamis, 27 Oktober 2016 13:43 WIB

BLH KOTA TANGERANG DORONG SEKOLAH RAIH ADIWIYATA

Editor : RB Siregar
ADIWIYATA adalah penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada sekolah-sekolah di Indonesia yang dinilai berbudaya lingkungan. Sekolah tersebut mampu mendidik siswa-siswi dan warga sekolah lainnya menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik.

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penilaian Adiwiyata didasarkan pada 4 kriteria, yakni; pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.

smpn19a

Dalam mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, dilaksanakan melalui Prinsip-prinsip Dasar Program Adiwiyata, yaitu :

1. Partisipatif
Komunitas sekolah terlibat dalam manjemen yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran.
2. Berkelanjutan
Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Pengertian Adiwiyata sendiri adalah sebagai tempat yang baik dan ideal, dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Saat ini Kota Tangerang telah mencapai prestasi yang cukup spektakuler dalam hal pencapaian jumlah Sekolah Adiwiyata. Tercatat sudah 100 Sekolah yang mendapat predikat sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kota. dari 100 Sekolah tersebut, 5 diantaranya adalah Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi dan 5 Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Prestasi ini dianggap spektakuler karena baru dimulai sejak tahun 2012.

smpn1
Pada bulan Juni 2016 kemarin, Bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup, yang diadakan di Siak-Jambi, Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang berhasil mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri atas nama 4 sekolah. Ke-4 sekolah tersebut adalah :

  1. SDIT Al Ikhlas Cipondoh,

  2. SDN Tanah Tinggi 1

  3. SDN Tanah Tinggi 3, dan

  4. SMAN 4 Kota Tangerang,


Pada tanggal 20 Oktober 2016, kembali Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang memfasilitasi penilaian Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional yang langsung dinilai oleh tim dari Pusat. Tiga sekolah yang diajukan adalah SDN Tanah Tinggi 2, SMPN 1 dan SMPN 19.

Hal ini dimungkinkan karena adanya kerja keras dari berbagai fihak selaku pembina Sekolah Adiwiyata selain dari tekad dan kerja pihak sekolah itu sendiri.

Semoga pencapaian ini dapat ikut andil dalam upaya perbaikan, pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup di Kota Seribu industri ini.adv
0 Komentar