Sabtu, 29 Oktober 2016 17:59 WIB

Anies: Sering Digusur, Warga Kolong Tol Dihantui Rasa Takut

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ancaman adanya penggusuran, disebut Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai salah satu faktor yang membuat sejumlah warga merasa terus dihantui ketakutan.

"Saat ini mereka sering kali dihantui rasa takut. Rasa mencekam karena ada terus bentuk ancaman-ancaman penggusuran itu. Saya sudah menyaksikan banyak tempat atau daerah-daerah kampung warga yang sangat kumuh, kampung yang sangat miskin, kondisi ekonominya lemah juga," ungkap Anies di kolong tol Lodan, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (29/10/2016) siang.

Anies menyebut, rasa takut warga adanya penggusuran tersebut akan hilang, jika dilakukan dialog dengan warga. Karena penataan lokasi tempat tinggal warga akan jauh lebih baik dibanding penggusuran.

"Ketika ditata ulang, warga ada kemauan untuk sama-sama menata tempat tinggalnya. Selain itu masyarakat pun juga menginginkan kampung yang nyaman. Mereka enggak ingin kok tinggal di kampung yang kumuh dan kotor. Maka dari itu, tugas negara dan tugas pemerintah lah yang datang dengan cara-cara yang baik," kata Anies.

Anies menjelaskan, mengenai adanya pembangunan infrastrukstur yang dilakukan pemerintah wajib untuk diteruskan. Hal terpenting tidak dengan melupakan nasib warganya.

"Pembangunan infrastrukturnya pun harus terus dijalankan. Project terhadap penanganan banjir juga harus dibereskan bersama. Akan tetapi ya jangan dilewatkan adalah rakyat yang kondisi ekonominya masih lemah. Agar mereka dapat
hidup dengan nyaman dan menata ulang daerah - daerah yang seperti ini. Malahan, penataan itu sendiri warga ingin sekali dilibatkan juga," tutup Anies.
0 Komentar