Selasa, 01 November 2016 08:10 WIB

Dicap “Playboy”, Vajiralongkorn Bersiap Naik Tahta

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tiga minggu setelah kematian Raja Bhumibol Adulyadej, Thailand mulai mempersiapkan Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn untuk naik tahta.

Putra Mahkota Thailand ini tak sepopuler ayahnya, bahkan dijuluki media sebagai pangeran “playboy” setelah tiga kali menikah dan semuanya gagal.

Pangeran Vajiralongkorn sebelumnya telah meminta upacara penobatan dirinya sebagai raja baru Thailand ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Alasannya, dia butuh waktu untuk berkabung.

Menurut laporan Reuters, dua sumber militer senior menyatakan upacara kenaikan takhta Vajiralongkorn akan berlangsung pada tanggal 1 Desember 2016 dan persiapan telah dimulai.

”Kami sedang melakukan persiapan. Semuanya sedang dipersiapkan untuk 1 Desember,” kata salah satu sumber militer senior, yang memilih untuk tetap tidak disebutkan namanya, yang dilansir Senin (31/10/2016) malam.

”Tapi waktu ini juga tergantung pada Yang Mulia.”

Sumber militer lain mengatakan, Pangeran Vajiralongkorn saat ini berada di Jerman untuk urusan bisnis pribadi. Dia diperkirakan pulang ke Thailand pada bulan November.

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, sebelumnya telah menyatakan bahwa kenaikan takhta Putra Mahkota Vajiralongkorn bisa berlangsung dalam tujuh sampai 15 hari setelah meninggalnya Raja Bhumibol.

Namun, penobatannya sebagai raja baru Thailand hanya akan berlangsung setelah pemakaman Raja Bhumibol yang akan dilakukan setahun setelah kematiannya.

Setelah Raja Bhumibol mangkat, Prem Tinsulanonda, 96, yang menjabat sebagai kepala Dewan Penasihat ditunjuk sebagai “wali” yang tugasnya menjadi “raja sementara” Thailand.(exe/ist)
0 Komentar