Rabu, 02 November 2016 08:50 WIB

AS Cegah ISIS Kabur Menuju Suriah

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) telah mengembangkan rencana menargetkan militan ISIS dari udara jika mereka mencoba untuk melarikan diri dari Mosul dan menuju Suriah.

Sementara pasukan Irak menutup kota dari beberapa sisi. Demikian pernyataan komandan pasukan AS di Timur Tengah, Jeffrey Harrigian.

"Ini semua tentang pengambil alihan dan mendapatkan sebuah kesempatan di mana mereka akan mencoba untuk melarikan diri, kita memiliki mekanisme untuk membunuh mereka karena mereka akan melarikan diri," kata Harrigian.

Dalam kampanye pembebasan Mosul, Harrigian mengatakan para penasehat militer AS memfokuskan pada pendekatan di wilayah barat kota yang pertahanannya tidak sekuat sisi lainnya.

"Kami sangat fokus di sana. Ketika mereka berniat keluar dari wilayah itu, kita telah siap menangkap mereka," ungkap Harrigian seperti dikutip dari USA Today, Selasa (1/11/2016).

Mencegah militan melarikan diri menjadi tantangan utama pasukan darat Irak yang didukung oleh AS dalam merebut kota yang dikuasai oleh ISIS. Pasalnya selama ini ratusan militan telah berhasil menyelinap kabur saat kota mereka jatuh ke tangan pasukan Irak atau oposisi Suriah.

Sejak 17 Oktober lalu, pasukan pemerintah Irak telah melancarkan operasi pembebasan Mosul dari tangan ISIS. Perkembangan terakhir menyebutkan jika pasukan khusus Irak bersiap untuk masuki Mosul setelah berhasil menyapu desa terakhir di ujung timur Mosul.(exe/ist)
0 Komentar