Kamis, 03 November 2016 08:10 WIB

Inggris Tantang Rusia Berperang

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, mengklaim Inggris akan siap berperang melawan Rusia dalam waktu dua tahun.

Menurutnya, NATO harus bangun setelah potensi agresi dari Kremlin terus meningkat. Komentar Fallon ini muncul 10 hari setelah armada kapal induk Rusia, Admiral Kuznetsov, berlayar melalui Selat Dover menuju Laut Mediterania.

Inggris menduga armada kapal induk Rusia itu untuk meluncurkan serangan bom terbaru di Suriah untuk mendukung sekutunya, Presiden Suriah Bashar al-Assad. Namun Presiden Rusia Vladimir Putin menyangkal dugaan itu.

Menurut Fallon ancaman Rusia semakin nyata ketika pesawat pengebom Moskow “berdengung” di dekat pertahanan udara Inggirs. Selain itu, kapal-kapal selam Rusia yang bergerak ke Suriah juga melewati lepas pantai Inggris secara tersembunyi.

”Kami telah melihat agresi Rusia jauh lebih besar pada tahun ini, dan tahun-tahun sebelumnya, dalam hal jarak penerbangan, dalam hal aktivitas kapal selam, dan kelompok tugas operator yang berlayar melalui perairan kami dan peran Rusia di Suriah dan di tempat lain,” ujar Fallon kepada Komite Pertahanan parlemen Inggris, seperti dikutip Mirror, Selasa (1/11/2016).

Ketika ditanya apakah Angkatan Darat Inggris akan memiliki kemampuan untuk perang dengan Rusia pada tahun 2018, atau 2019, Fallon menjawab; ”Ya, kami akan siap untuk meningkatkan tempo dalam situasi seperti itu, yang tidak bisa saya  ramalkan."

”Dan, tentu saja, kami tidak akan melakukan hal ini (atas nama) sendiri. Kami akan melakukan hal ini sebagai anggota aktif dari NATO, dan mungkin dalam beberapa jenis skenario NATO,” ujarnya.(exe/ist)
0 Komentar