Sabtu, 05 November 2016 08:58 WIB

Ducati Tak Permasalahkan Larang Penggunaan Winglet

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ducati merasa tidak khawatir terkait larangan penggunaan winglet pada bodi motor di ajang MotoGP.

Kita tahu selama ini Ducati merupakan tim yang paling konsisten menggunakan dan mengembangkan fitur baru tersebut. Pro-kontra mewarnai penggunaan Winglet di MotoGP sejak awal musim 2016 ini.

Beberapa tim punya pendapat berbeda untuk menentukan apakah sayap tambahan boleh terpasang di motor Valentino Rossi dan kawan-kawan atau tidak.

Baru-baru ini, general manager Ducati, Gigi Dall'Igna, mengungkapkan bahwa timnya tidak terlalu mempermasalahkan keputusan otoritas balap dalam melarang penggunaan winglet. Menurutnya, Ducati bisa mengembangkan motor tanpa fitur tersebut.

"Musim depan, kami akan kehilangan sesuatu pada bagian aerodinamis, dengan pelarangan winglet, tapi ini tidak membuat saya khawatir, (tim) yang lain juga akan kehilangan hal yang sama. Yamaha jelas jadi salah satunya, dan Honda juga sudah memakai winglet yang lebar di beberapa balapan terakhir," ucap Gigi.

"Kami mungkin paling merasakan akibat dari pelarangan ini, tapi kami sudah punya beberapa ide, bukan cuma terkait aerodinamis. Meski kami punya mesin terbaik kami tetap akan mengembangkan itu. Meski akan sulit membuat perkembangan di area itu, langkah termudah membuat kemajuan adalah pada hal-hal yang kami masih lemah," lanjutnya dikutip GPOne.

Sebelumnya diberitakan, komisi Grand Prix yang terdiri dari Asosiasi Produsen (MSMA), Dorna, FIM, dan Asosiasi Tim MotoGP (IRTA) akhirnya membahasnya di Sirkuit Assen jelang Grand Prix Belanda, Sabtu (25/5/2016).

Seperti dikutip Crash, keputusan bulat diambil yakni melarang penggunaan winglet pada musim balap 2017.(exe/ist)
0 Komentar