Sabtu, 05 November 2016 07:10 WIB

China Khawatir dengan Sistem Pertahanan Rudal THAAD

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- China menyatakan akan melakukan semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan keamanan negaranya menyusul penyebaran sistem pertahanan rudal THAAD di Korea Selatan (Korsel).

Begitu kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Chian, Hua Chunying. "Pihak China telah berulang kali menyatakan keprihatinan dan ketidaksepakatan tentang masalah ini (penyebaran sistem rudal THAAD di Korea). China akan melakukan semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan keamanannya," kata Chunying.

"Pada saat yang sama, di sisi yang lain, kami akan mempertimbangkan keprihatinan China yang sah dan untuk mengakhiri proses yang sedang berlangsung," sambung Chunying seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (4/11/2016).

Chunying mengatakan, penyebaran sistem rudal THAAD secara signifikan akan merusak keseimbangan kekuatan di kawasan itu. Ia berharap Washington dan Seoul akan menahan diri dari kegiatan yang dapat mengakibatkan eskalasi ketegangan.

Pada bulan Juli lalu, Seoul dan Washington sepakat untuk menyebarkan sistem antirudal di Seongju County, Korsel, di tengah ketegangan regional yang meningkat. Hal ini didorong oleh uji coba nuklir dan rudal balistik yang baru-baru ini dilakukan oleh Korea Utara (Korut).

China telah berulang kali menentang penyebaran sistem anti rudal THAAD di Korea dengan alasan jangkauan dari sistem anti rudal itu mencapai wilayah di luar Korea dan mempengaruhi kepentingan China di wilayah tersebut.(exe/ist)
0 Komentar