Selasa, 08 November 2016 16:16 WIB

Antisipasi Banjir, Anies Akan Buat Sumur Resapan di Tiap Gang

Editor : Rajaman
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Calon Gubernur (Cagub) DKI Anies Baswedan mengungkapkan program-programnya terkait dengan penanggulangan banjir di Jakarta. Dirinya berencana akan menambah sumur resapan di wilayah Jakarta demi mengantisipasi persoalan banjir.

"Kalau kita membayangkan sumur serapan jangan membayangkan di halaman rumah ya, tapi bisa dikerjakan di gang. Gang adalah tempat dimana bisa dilakukan untuk pembuatan sumur serapan sudah dilakukan di banyak kota," ujar Anies di Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara, Selasa, (8/11/2016).

Mantan Mendikbud ini menegaskan, hal itu membutuhkan perencanaan karena di Jakarta banyak terdapat kawasan padat penduduk.

"Tentu ini perlu perencanaan yang baik terutama di kampung-kampung terlalu padat yang tidak mungkin di buatkan sumur serapan dirumah maka bisa dilakukan di jalan-jalan," ucap Anies.

Sementara itu Anies yakin pembuangan air hujan melalui sumur serapan mampu menurunkan aktivitas banjir saat hujan deras mengguyur wilayah Jakarta, khususnya Jakarta Utara dan selatan.

"Justru masalahnya salah satu tanan kita ini kekurangan air yang menyerap justru harus dikembalikan air itu ke bumi bukan hanya dialirkan, salah satu masalah banjir itu air dilewatkan bukan di turunkan. Kalau itu di masukkan ke dalam tanah maka potensi banjir akan menurun," jelas Anies.
0 Komentar