Kamis, 10 November 2016 08:30 WIB

Iran Desak Trump Penuhi Komitmennya

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Iran mengaku hanya memiliki satu harapan kepada presiden baru Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Teheran berharap, Trump akan tetap berpegang teguh pada perjanjian nuklir yang disepakati akhir tahun lalu. Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengatakan pemerintahan AS di bawah pimpinan Trump harus tetap mempertahankan komitmen mereka terhadap kesepakatan nuklir.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Iran dan lima negara kekuatan dunia, dimana AS adalah salah satunya. "AS harus memenuhi komitmennya dalam Rencana Aksi Komprehensif Bersama Aksi (kesepakatan nuklir) yang merupakan sebuah kesepakatan multilateral," ucap Zarif jelang kunjunganya ke Rumania, seperti dilansir Reuters pada Rabu (9/10).

Partai Republik, yang merupakan partai pengusung Trump adalah pihak yang menolak keras kesepakatan tersebut. Partai Republik telah beberapa kali berusaha membatalkan kesepakatan itu, namun selalu berhasil dicegah oleh Barack Obama.

Trump sendiri sejauh ini belum memberikan penjabaran mengenai rencana kebijakan luar negeri mereka, termasuk apakah akan tetap mempertahankan kerjasama dengan sejumlah negara, atau apakah akan melanjutkan operasi mereka di Timur Tengah.(exe/ist)