Minggu, 13 November 2016 17:51 WIB

International Mathematics and Science Olympiade 2016, Tangerang Raih Tiga Medali Perungu

Editor : Eggi Paksha

Laporan: Hendrik Simorangkir


TANGERANG, Tigapilarnews.com - Tiga murid SD di Kota Tangerang berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang International Mathematics and Science Olympiade (IMSO) 2016, di Kota Tangerang.


Meskipun tidak meraih medali emas, namun prestasinya sungguh luar biasa. Yakni, menyumbangkan tiga medali perunggu dalam ajang internasional yang diikuti 22 negara tersebut. Mereka adalah Rafa Maula Aminanto yang berasal dari SD As Syukriyah, Gabriel dari SD Strada, serta Pricillia dari SD Ammore Prime School.


Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, memberikan sambutan pada acara penutupan dan penganugerahan Medali IMSO 2016, secara langsung juga menyampaikan rasa bangganya. "Pelatihannya baru seminggu. Ini tentunya menjadi momentum bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang. Kita tidak hanya ingin bersaing dengan kabupaten dan kota lain di Indonesia, namun dengan negara-negara lain di dunia. Apalagi, sekarang eranya globalisasi dan era kompetisi," ujar Arief, Minggu (13/11/2016).


Arief yang juga memberikan sambutan perpisahannya kepada para delegasi peserta, mengharapkan agar event tahunan tersebut bisa menjadi ajang mempererat silaturahmi dan persaudaraan.


"Kompetisi ini bukan hanya soal menang atau kalah, atau sebatas pertandingan. Kompetisi ini adalah ajang untuk menjalin persahabatan melalui pertukaran budaya di antara para peserta," jelas Arief.


Ariefe menambahkan, agar para peserta juga bisa menikmati suasana khas yang ada di Kota Tangerang. "Dan jangan lupa sampaikan pengalaman indah Anda selama ada di Kota ini, kepada keluarga dan sahabat kalian semua. Saya dan semua warga Kota Tangerang sangat berharap kalian semua bisa berkunjung kembali ke Kota Tangerang suatu saat nanti," kata Arief, kepada kontestan dari negara lain.


Melalui kegiatan IMSO, Arief menjelaskan, diharapakan bisa melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas dalam bidang Matematika atau IPA, namun juga bisa mengimplementasikannya untuk kemajuan dunia.


"Disamping itu yang tidak kalah penting adalah bagaimana ajang IMSO bisa melahirkan generasi yang berkarakter dan nilai moral yang tinggi," pungkasnya.


Sementara itu, dalam gelaran IMSO 2016 yang telah dilaksanakan sejak hari Rabu (9/11/2016) dan telah dibuka secara langsung Presiden Joko Widodo, telah menghasilkan juara umum atau Best Overall yang berasal dari Singapura untuk kategori sains dan Thailand untuk kategori matematika.(exe)


0 Komentar