Senin, 14 November 2016 13:21 WIB

Dituding Sebagai Aktor Politik 4 November, Ini Prediksi Pengamat Soal Proteksi SBY

Editor : Rajaman
Laporan: Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Nama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut sebagai aktor politik dibalik ricuhnya aksi demo 4 November yang sebelumnya berlangsung damai.

Pengamat Politik Karyono Wibowo memprediksi ada 3 kemungkinan besar SBY sebagai pihak yang dituduhkan akan langsung memproteksi (membentengi) dirinya pasca disebut sebagai aktor politik itu.

Pertama menurut Karyono, SBY akan berupaya membela diri, dalam arti menolak tuduhan terhadapnya sebagai aktor politik di balik demo 411.

"Kedua akan melawan secara politik maupun hukum. Dimana secara politik SBY akan melakukan konsolidasi dengan parpol yang beseberangan dengan pemerintah," kata Karyono saat dikonfirmasi, Senin (14/11/2016).

Terakhir, yakni ketiga pastinya Ketua Umum Partai Demokrat tidak akan pernah menyerah dan akan mementahkan semua bukti tuduhan itu.

Diketahui, Pengamat Politik dari Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menuding sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ada di balik demo 411.

Hal ini diungkap mantan tim sukses Jokowi-Jusuf Kalla itu dalam sebuah acara diskusi bertajuk Siapa Aktor di Balik Gerakan 411, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2016) lalu.

Dugaan di atas ditelisik dari beberapa hal yang diduga mengindikasikan keterlibatan SBY. Salah satunya, gerakan 411 diawali dengan konfrensi pers politik di Cikeas 2 November 2016. Di mana SBY memperlihatkan kemarahanya terhadap Ahok dan pemerintahan Jokowi.
0 Komentar