Selasa, 15 November 2016 08:50 WIB

168 Perwira dan 123 Bintara AL Turki Diskors

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Turki menskors tugas dari 168 perwira dan 123 bintara Angkatan Laut (AL) atas dugaan mempunyai hubungan dengan upaya kudeta pada bulan Juli lalu.

Hal tersebut diungkapkan Kementerian Pertahanan seiring upaya pembersihan yang dilakukan pemerintah terus dilakukan. "Termasuk memecat 15 perwira dan 4 bintara dari Angkatan Laut," kata pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Senin (14/11/2016).

Sebelumnya, pada Sabtu malam, pengadilan Istanbul secara resmi menangkap pemimpin surat kabar oposisi Cumhuriyet di bandara utama Istanbul. Penangkapan ini dilakukan sehari setelah penangkapan terhadap sembilan pimpinan dan jurnalis.

Pihak berwenang telah memerintahkan editor koran dan staf senior ditahan untuk menjalani sidang yang tertunda atas dugaan dukungan surat kabar sekuler untuk upaya kudeta pada 15 Juli.

Di bawah keadaan darurat yang diumumkan setelah usaha kudeta, polisi dapat menahan tersangka selama 30 hari sebelum pengadilan memutuskan apakah akan mengeluarkan surat perintah penangkapan resmi atau menunggu persidangan.

Turki juga telah menutup lebih dari 130 media sejak Juli, meningkatkan kekhawatiran di antara negara-negara sekutu Barat tentang memburuknya kebebasan pers.

Lebih dari 110 ribu hakim, guru, polisi dan pegawai negeri sipil telah diskors atau diberhentikan dan 36.000 resmi ditangkap pascakudeta yang gagal Juli lalu.(exe/ist)
0 Komentar