Rabu, 16 November 2016 18:39 WIB

Peringati Hari Toleransi Internasional, MUI Kabupaten Tangerang Imbau Masyarakat Junjung Tinggi Bhineka Tunggal Ika

Editor : Rajaman
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Dalam memperingati Hari Toleransi Internasional, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang, Ues Nawawi mengimbau, agar masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Tangerang dapat menjunjung tinggi semboyan negara Bhineka Tunggal Ika.

"Saat ini, negara kita sedang diguncang berbagai permasalahan yang berbau SARA (Suku Ras Agama dan Antar Golongan), maka dari itu bertepatan dengan hari toleransi ini, mari seluruh masyarakat dari berbagai suku dan agama apapun itu, kita harus selalu bersama, berpegangan tangan dan memperkuat keutuhan NKRI," ujar Ues, usai menerima CSR yang diberikan PT. Garuda Indonesia pada Ponpes Tarbiyatul Mubtadiin, Desa Pasir Nangka, Kecamatan Tigaraksa, Rabu (16/11/2016).

Meski menjunjung toleransi, Ues menambahkan, setiap umat beragama tak boleh mencampuri urusan atau suku, ras, dan agama umat lainnya.

"Tolerasi itu artinya menghargai dan menghormati bukan mencampuri seperti yang saat ini sedang terjadi. Seharusnya pun, dengan toleransi yang sebenarnya kita harus bersama-sama memegang teguh apa yang disebut Bhineka Tunggal Ika," jelasnya.

Untuk diketahui, pada 16 November 1996, UNESCO menetapkan Declaration of Principles on Tolerance sebagai sebuah deklarasi untuk menegaskan pentingnya mempromosikan dan menjamin toleransi terutama Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan atau yang kini dikenal dengan Hari Toleransi Internasional.
0 Komentar