Kamis, 17 November 2016 08:10 WIB

Demonstran Yunani Bakar Bendera AS

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Unjuk rasa memprotes kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Athena, Yunani pada hari Selasa berujung rusuh.

Demonstran sayap kiri bentrok dengan polisi dan sebagian membakar bendera AS. Aparat polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Para demonstran awalnya hendak berjalan menuju Kedutaan Besar AS, namun rencana itu menjadi kacau karena pengunjuk rasa bentrok dengan polisi.

”Kami tidak perlu pelindung!” bunyi salah satu spanduk yang dibawa oleh para demonstran.”Yankees pulang!” teriak para demonstran.

Salah satu pengunjuk rasa terlihat nekat membakar bendera AS di jalan. Menurut laporan AP, Rabu (16/11/2016) tidak ada korban luka dan penangkapan dalam demo rusuh di Athena.

Lebih dari 5.000 polisi telah dikerahkan di pusat Athena untuk menjaga ketertiban. Demo serupa yang melibatkan hampir 1.000 demonstran juga terjadi di Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani.

Para demonstran memprotes kebijakan AS yang dianggap menciptakan ketegangan dengan berbagai negara di seluruh dunia, termasuk dengan China dan Rusia.

”Di saat Pemerintah Yunani berusaha untuk menyajikan kunjungan Obama sebagai kunjungan pembawa damai, ribuan demonstran turun ke jalan untuk memprotes kebijakan AS di berbagai bagian dunia mulai dari Amerika Latin ke Timur Tengah, dari Afghanistan hingga Suriah,” kata wartawan Yunani, Aris Chatzistefanou yang berada di lokasi demo rusuh.(exe/ist)
0 Komentar