Jumat, 18 November 2016 22:26 WIB

Ahok Disarankan Mainkan Play Victim

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Setelah ditetapkan sebagai tersangka, membuat elektabilitas Gubernur DKI Jakarta (nonaktif), Basuki Tjahja Purnama (Ahok) menurun drastis.

Ahok ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penistaan agama (Surat Al-Maidah ayat 51) beberapa hari yang lalu. Meski demikian, Ahok dinilai tetap memiliki kesempatan agar dapat mendongkrak kembali rasa simpatik warga Jakarta.

"Masyarakat Indonesia ini kan rasa kasihannya tinggi. Pak Ahok bisa memainkan peran play victim yang mengindikasikan bahwa dia korban sehingga masyarakat bisa memaafkan," ujar Peneliti LSI, Ardian Sopa di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (18/11/2016).

Dirinya menambahkan, bahwa Ahok beberapa waktu lalu juga sempat memainkan hal tersebut. Yakni, menyamakan pribadinya dengan salah satu tokoh Afrika, Nelson Mandela, yang mendapatkan hukuman penjara saat menyuarakan aspirasinya dan membela rakyat.

"Nelson Mandela itu bisa sebagai strategi. Pilgub masih tiga bulan lagi. Jadi Ahok masih bisa mengambil kembali hati pemilih. Kedepannya, masyarakat juga dapat dengan sendirinya menilai apakah Ahok pantas jadi tersangka atau korban," imbuhnaya.

"Ini jadi pertarungan opini. Jika Ahok dianggap jadi tersangka, maka ia akan sulit di Pilgub nanti. Tapi jika dianggap jadi korban, ini bisa menimbulkan resistensi baru dan bisa membuat rebound suara," pungkasnya.(exe)
0 Komentar