Sabtu, 19 November 2016 07:30 WIB

Obama Anggap Rusia Mitra Penting

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dalam konferensi pers di Berlin, Jerman, mengatakan bahwa Rusia adalah negara adidaya militer.

Obama menganggap Rusia mitra penting untuk menyelesaikan isu-isu internasional. ”Rusia adalah negara penting. Ini adalah negara adidaya militer. (Negara) ini memiliki pengaruh di kawasan dan memiliki pengaruh di seluruh dunia,” kata Obama saat konferensi pers bersama Kanselir Jerman, Angela Merkel.

”Dalam rangka untuk memecahkan banyak masalah besar di seluruh dunia, itu adalah kepentingan kami untuk bekerja dengan Rusia,” ujar Obama, seperti dikutip Russia Today, semalam (18/11/2016). ”Ada beberapa perbedaan yang signifikan dalam bagaimana Rusia memandang dunia dan bagaimana kita melihat dunia,” imbuh Obama.

Sebelumnya, Obama mendesak Donald Trump untuk berdiri melawan Rusia jika kepemimpinan Kremlin salah atau menyimpang dari norma-norma internasional. Obama mengatakan presiden baru AS jangan hanya mengambil pendekatan politik riil untuk berurusan dengan Rusia.

Meski demikian, Obama berharap Trump akan mencari hubungan yang konstruktif dengan Rusia. ”(Namun) bersedia untuk berdiri dengan (melawan) Rusia ketika mereka menyimpang dari nilai-nilai dan norma-norma internasional,” kata Obama.

“Ini berarti, menahan diri dari mengambil pendekatan politik riil dan memotong penawaran yang bisa menyakiti orang atau  melanggar norma-norma internasional, meninggalkan negara-negara kecil yang rentan, atau membuat masalah jangka panjang di daerah-daerah seperti Suriah,” ujar Obama.(exe/ist)
0 Komentar