Rabu, 23 November 2016 07:10 WIB

AS Sepakat Turunkan Intensitas Latihan dan Jumlah Personel di Filipina

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Amerika Serikat (AS) dan Filipina dilaporkan telah sepakat untuk melanjutkan kerja sama militer.

Kesepakatan ini dicapai setelah terjadi pertemuan antarapejabat militer kedua negara di Manila, Filipina. Dalam pernyataan bersama yang dibacakan oleh juru bicara militer Filipina, Brigadir Jenderal Restituto Padilla disebutkan, kedua negara akan menormalkan kembali kerja sama militer dalam berbagai aspek.

"Kami akan melanjutkan kerja sama untuk kepentingan nasional dan keamanan kedua negara. Ini akan mencakup bantuan kemanusiaan, bantuan bencana, kontra-terorisme dan keamanan maritim," kata Padilla, seperti dilansir Reuters pada Selasa (22/11).

Namun, menurut seorang pejabat militer Filipina yang terlibat dalam pembicaraan, kedua pihak juga sepakat untuk menurunkan intensitas latihan bersama dan juga mengurangi jumlah personel yang terlibat, khususnya dari sisi AS.

"Kedua sekutu akan lebih fokus pada bantuan kemanusiaan dan operasi tanggap bencana dan pelatihan non-tradisional militer lainnya dan latihan bersama," kata jenderal, yang berbicara dengan syarat anonim karena ia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Kesepakatan ini sendiri seperti bertentangan dengan apa yang kerap disampaikan oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. SebabDuterte mengatakan tidak akan ada lagi latihan bersama kedua negara, dan militer AS harus angkat kaki dari Filipina dengan batas waktu dua tahun ke depan.(exe/ist)
0 Komentar