Kamis, 24 November 2016 07:30 WIB

Lawan Kritikan, Trump Tunjuk Putri Imigran India Jadi Dubes PBB

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Donald Trump, menunjuk Gubernur Carolina Selatan, Nikki Haley sebagai dubes untuk PBB.

Haley adalah pejabat keenam yang ditunjuk oleh Trump pascakemenangannya dalam pemilu 8 November lalu. "Latar belakang Haley menunjukkan ia adalah seseorang yang mampu mengajak orang-orang dari berbagai latar belakang atau pihak yang berafiliasi mengkritisi kebijakan politik untuk kemajuan bangsa dan negaranya," kata Trump memuji Haley dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/11/2016).

Haley sendiri mengatakan ia telah menerima tawaran tersebut dan akan tetap menjabat sebagai gubernur sembari menunggu konfirmasi terhadap jabatannya di kabinet dari Senat AS.

"Ketika Presiden yakin bahwa Anda memiliki kontribusi besar untuk berbuat bagi kesejahteraan bangsa kita, dan untuk kedudukan bangsa kita di dunia, itu adalah sebuah panggilan penting yang harus kita perhatikan," katanya.

Haley adalah putri seorang imigran India yang memiliki sedikit pengalaman dalam kebijakan luar negeri. Penunjukkan Haley dinilai untuk melawan kritikan terhadap Trump tentang imigran dan minoritas, serta tuduhan seksisme selama kampanyenya.

Haley sendiri sempat memberikan kritikan yang tajam terhadap Trump selama masa kampanye terkait imigran ilegal.(exe/ist)
0 Komentar