Senin, 28 November 2016 19:05 WIB

Polisi Siap Amankan Aksi Damai Jilid III

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Polda Metro Jaya siap melakukan pengamanan aksi damai jilid III dari beberapa organisasi masyarakat (ormas), Jumat (28/11/2016) mendatang. Dalam pengamanan tersebut polisi mengedepankan cara humanis.

"Karena (aksi unjuk rasa) ini super damai, ini tetap kita jaga, tetap kita kawal jangan sampai anarkis. Persuasif humanis pengamanannya," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dihubungi, Senin (28/11/2016).

Argo yakin aksi unjuk rasa itu akan berjalan secara damai. Sebab, pada hari itu, massa akan melakukan acara doa, dzikir dan sholat Jumat bersama di lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Meski begitu, polisi tetap akan melakukan patroli-patroli untuk memastikan tidak ada massa yang bergerak ke Bundaran Hotel Indonesia.

"Kita yakin dan percaya apa yang telah disampaikan bahwa demo di Monas ini unjuk rasa berupa dzikir dan sholat Jumat dan kami juga melakukan patroli-patroli di beberapa tempat juga kita amankan, kita tempatkan personel juga," ucap Argo.

Ia belum bisa merinci berapa personel pengamanan yang akan diterjunkan untuk mengawal aksi tersebut. Selain itu, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut belum mengetahui berapa massa yang mengikuti aksi pada 2 Desember tersebut.

Sebelumnya, Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan, kepolisian sudah menyiapkan kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, sebagai area kegiatan unjuk rasa 2 Desember 2016.

Menurut Tito, kawasan Monas bisa menampung 600 ribu sampai 700 ribu orang. Jika ternyata pendemo lebih daripada kapasitas di Monas, Jalan Merdeka Selatan disiapkan sebagai tempat untuk menampung kelebihan pendemo.

Polisi, kata Tito, akan mengawal demonstrasi dibantu sejumlah pihak. "Kami dibantu TNI, Satpol PP, laskar dari ormas-ormas yang ada, kita akan atur," kata Tito di Gedung Majelis Ulama Indonesia, Jakarta, Senin (28/11/2016).
0 Komentar