Kamis, 01 Desember 2016 13:02 WIB

DPR Heran Pembangunan Jembatan Tumbang Samba di Kalteng Tak Kunjung Jalan

Editor : Danang Fajar
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Belum adanya kepastian penetapan kontraktor pemenang dalam proyek Pembangunan Jembatan Tumbang Samba di Kalimantan Tengah, menuai pertanyaan dari berbagai pihak. Pasalnya proses pelelangan yang sudah berjalan hampir satu tahun tersebut belum juga terealisasi.

Wakil Ketua Komisi V DPR, Muhidin Mohamad Said, mengatakan bila kendala atau keterlambatan dalam menentukan kontraktor pemenang, maka patut dipertanyakan kepada Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) .

“Kalau soal tekhnis itu wilayahnya pemerintah, maka harus ditanyakan kepada pemerintah apa kendalanya yang membuat pengumuman kontraktor pemenang lambat diputuskan, karena masalah tender-tender itu kan urusan pemerintah,” kata Muhidin saat dihubungi wartawan, Rabu (30/11).

Dia mengaku, bahwa aturannya sudah jelas dan tata caranya pun telah diatur dialam Kepres pengadaan barang dan jasa.

"Jadi semua sudah diatur, jadi yang berhak melakukan sanggahan dan lain-lainnya adalah peserta tender,” jelasnya.

Direktur Centre for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan, soal lambatnya kepastian penetapan kontraktor pemenang dalam proyek Pembangunan Jembatan Tumbang Samba di Kalimantan Tengah adalah tanggung jawab Kementerian PUPR,

"Kementerian harus segera menentukan kebijakan, siapa pemenang lelang atas pembangunan jembatan Tambang Samba(Kalteng). Jangan ditunda-tunda sebab jembatan tersebut juga sangat dibutuhkan warga keberadannya," jelasnya.

Uchok mengungkapkan, jika pihak Kementerian PUPR belum bisa menentukan pemenang, Karena dananya belum tersedia dari APBN. maka haruds dijelaskan kepada publik,

"Atau bilang sejelas-jelas ke publik, misalnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum mencairkan duit proyek tersebut ke dalam rekening kementerian PURR,” ungkapnya.
0 Komentar