Jumat, 02 Desember 2016 22:28 WIB

Polres Pelabuhan Tanjung Priok Amankan Tiga Pelaku Pungli di Kantor Syahbandar

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Ryan Suryadi


JAKARTA, Tigapilarnews.com - Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian Perhubungan menciduk tiga orang pegawai yang melakukan pungli di Kantor Syahbandar, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.


Salah satu di antaranya adalah PNS dari Kemenhub dan dua orang calo. Ketiga pria yang menggunakan batik ini tidak banyak bicara saat petugas menggiringnya ke dalam mobil Avanza berwarna silver.


Tiga pria yang masih belum diketahui identitasnya ini akan berurusan oleh pihak kepolisian dan kementerian terkait. Kepala Kantor Syahbandar, Pelabuhan Tanjung Priok, Marwansyah, mengatakan PNS yang dimaksud terkenal sering melakukan pungli kepada masyarakat.


"Kami sudah memonitor gerak-gerik dari PNS itu, dan sudah melakukan kegiatan yang sama (pungli). Tercatat, ini yang ke empat kalinya," jelas Marwansyah saat ditemui di depan Kantor Syahbandar, Jumat (2/12/2016) sore.


Marwansyah juga menjelaskan, setelah dilakukan investigasi oleh Satgas yang dibentuk dari kantor Syahbandar mengindikasikan tiga orang tersebut sering melakukan pungli.


"Dari hasil Investigasi, kami menemukan juga ada upaya-upaya yang dilakukan sejumlah orang yang ingin melakukan penyuapan. Tadi kami tangkap yang bersangkutan, mereka ada tiga orang 1 PNS dan 2 calo," jelasnya.


Di satu sisi, dirinya belum mengetahui kategori kesalahan yang diperbuat bawahannya tersebut. Marwansyah masih menduga apakah mereka melakukan  pemerasan atau penipuan.


"Ya, kami serahkan kepada pihak yang berwajib aja. Barang bukti nya ada uang jutaan rupiah dan dokumen," imbuhnya.


Dari informasi yang beredar, tiga orang tadi melakukan pungli dalam pembuatan buku dan surat pelaut. Mereka memasang harga Rp 1,6 juta bagi buku pelaut dan masa layar Rp350 ribu. Selanjutnya, ketiga tersangka dibawa ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok untuk proses lebih lanjut.(exe/ist)

0 Komentar