Selasa, 06 Desember 2016 06:40 WIB

Pamerkan KRI Teluk Bintuni 520, Kasal Sematkan Setia Lencana pada Prajurit

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Ryan Suryadi


JAKARTA, Tigapilarnews.com - Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI, I.G. Putu Wijamahaadi, menghadiri acara puncak Peringatan Hari Armada RI, Senin (05/12/2016).


Kesempata tersebut dilaksanakan di Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dan merupakan yang pertama kali.


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, memimpin upacara Komplek Ksatrian TNI Angkatan Laut, Pondok Dayung, Jakarta Utara, yang berada di bawah jajaran Satuan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).


Ada pula kegiatan parade dan defile yang meIibatkan pasukan upacara di antaranya dari Kompi Gabungan Perwira Pertama Wilayah Barat, Batalyon Upacara 1 Gabungan (Satu Kompi Gabungan Kowal Wilayah Barat dan Satu Kompi Pomal Wilayah Barat) dan Batalyon Upacara 2 Koarmatim (Satu Kompi Bintara Koarmatim dan Satu Kompi Tamtama Koarmatim).


Pada peringatan Hari Armada RI kali ini mengerahkan kekuatan TNI Angkatan Laut dalam bentuk Sistem Senjata Terpadu (SSAT) yaitu KRI, Pesawat Udara, Pangkalan dan Marinir serta dimeriahkan dengan demontrasi gerak dan lagu perpaduan kolosal yang melibatkan gabungan dari prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut Wilayah Barat serta ibu-ibu Jalasenastri Armada Barat.


Kemudian dilanjutkan dengan demontrasi halang rintang yang diperagakan prajurit gabungan dari Pasukan Katak Koarmabar, Dislambairarmabar Mako Koarmabar dan KRI.


Sementara itu, KRI Teluk Bintuni 520 kapal hasil karya anak bangsa yang dibangun di Bandar Lampung tahun 2014 lalu menjadi background upacara Hari Armada RI kali ini.


KRI Teluk Bintuni 520 adalah sebuah kapal LST yang berada di Kolinlamil dengan keunggulannya sengaja dirancang untuk dapat mengangkut pasukan dan tank MBT Leopard TNI AD serta tank-tank kendaraan tempur Marinir.


Kepala Dispen Kolinlamil, Bazisokhi Gea, mengatakan peringatan hari Armada RI tahun 2016 dilaksanakan dengan sederhana dan namun penuh hikmah. Tampak hadir pada acara tersebut sejumlah para menteri Kabinet Kerja, para mantan kepada Staf Angkatan Laut dan tamu kehormatan lainnya.


"Juga pada upacara kali ini Kasal menyematkan tanda setia lencana kesetiaan delapan tahun, enam belas tahun dan dua puluh empat tahun kepada para prajurit yang berhak mendapatkannya," jelas Bazisokhi.(exe/ist)

0 Komentar