Rabu, 07 Desember 2016 07:30 WIB

Singapura Kalahkan Sistem Pendidikan Eropa

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Singapura memiliki pencapaian siswa tertinggi dalam peringkat pendidikan internasional.

Remaja Singapura menjadi yang teratas dalam tes di bidang matematika, membaca, dan sains dalam Programme for International Student Assessment (PISA).

Tes PISA dijalankan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Tes ini merupakan sebuah bentuk evaluasi kemampuan dan pengetahuan yang dirancang untuk siswa usia 15 tahun. Tes ini diikuti oleh 540 ribu siswa dari 72 negara.

Dikutip dari BBC, Selasa (6/12/2016), Direktur Pendidikan OECD, Andreas Schleicher, mengatakan sistem pendidikan Singapura tidak hanya melakukannya dengan baik tetapi juga sudah melangkah lebih jauh ke depan.

Singapura memperoleh nilai tertinggi untuk matematika dan sains, mengalahkan sistem pendidikan Eropa, Amerika utara dan selatan.

Negara ini mengalahkan Shanghai, yang sebelumnya berada di peringkat pertama sistem pendidikan global. Peringkat Singapura bahkan tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara lainnya macam Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

Untuk kawasan Asia Tenggara sendiri,hanya Vietnam negara Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar di bidang sains. Sedangkan untuk membaca Vietnam berada di peringkat 32 dan 22 untuk Matematika.

Indonesia sendiri berada di peringkat 62 dalam bidang sains, 64 untuk membaca dan 63 untuk matematika. Peringkat Indonesia berada di belakang Thailand yang berada di peringkat 54 (sains), 57 (membaca), dan 54 (matematika).

Sedangkan Malaysia, Myanmar dan sejumlah negara Asia Tenggara lainnya di ikut berpartisipasi dalam tes tersebut.(exe/ist)
0 Komentar