Jumat, 09 Desember 2016 08:50 WIB

Kuartet Arab Akan Bahas Pemukiman Israel

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kuartet Arab akan melakukan pertemuan di Kairo, Mesir, pekan depan untuk membahas upaya penyelesaian anti-Israel di wilayah Palestina.

Nantinya hasil pertemuan itu akan disampaikan kepada Dewan Keamanan PBB. Perwakilan Otoritas Nasional Palestina (PNA) di Liga Arab, Jamal Shoubaki mengatakan bahwa Kuartet Arab akan memutuskan kapan proposal tawaran itu akan diajukan.

Kuartet yang terdiri dari Mesir, Arab Saudi, Yordania dan Uni Emirat Arab (UEA) memberikan perhatian penuh untuk menindaklanjuti konflik Palestina dan Israel.

"Kuartet akan bertemu di Kairo pada tanggal 17 atau 19 Desember di markas Liga Arab di Kairo," kata Shoubaki.

Ia menambahkan bahwa posisi Arab dan internasional diperlukan untuk menghentikan perluasan pemukiman di Palestina seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (8/12/2016).

Diplomat senior Palestina itu menekankan bahwa pemukiman Israel benar-benar ilegal dan melanggar hukum internasional karena mengambil tanah Palestina dan juga merupakan kejahatan perang.

Sebelumnya, al-Shoubaki telah menyatakan bahwa pos dengan tawaran kepada Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan pembangunan permukiman Israel membutuhkan keputusan Arab untuk menjamin suksenya voting sukses.

Palestina menawarkan agar dunia internasional menyerukan Israel menghentikan semua kegiatan permukiman segera. Palestina juga meminta Israel sepenuhnya menghormati tanggung jawab hukum serta menghindari menggunakan segala cara kekerasan, teror dan provokasi oleh pemukim.(exe/ist)
0 Komentar