Selasa, 13 Desember 2016 14:21 WIB

1.169 Prajurit TNI Diberangkatkan ke Lebanon

Editor : RB Siregar
CILANGKAP, Tigapilarnews.com - Sebanyak 1.169 prajurit TNI, Selasa (13/12/2016) pagi, diberangkatkan ke Lebanon untuk tugas Misi Perdamaian PBB.

Mereka tergabung dalam Satuan Tugas Kontingen Garuda (Satgas Konga) Unifil (United Nations Interim Force) tahun 2016-2017.

"Prajurit harus menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan kepercayaan dunia internasional dengan menunjukkan prestasi, kinjerja dan dedikasi tinggi, serta senantiasa memperhatikan prosedur tetap yang berlaku di wilayah tempat tugas, di manapun prarjurit ditempatkan," kata Jenderal Gatot  Nurmantyo  saat memimpin upacara militer pemberangkatan prajurit di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (13/12/2016).

Panglima TNI mengatakan, nama Pasukan Garuda diberikan oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno yang diambil dari lambang Burung Garuda, dan merupakan lambang keperkasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang terkandung maksud agar Garuda ini membumbung tinggi di angkasa dan dikenal di seluruh dunia sebagai pasukan terbaik.

"Lambang Garuda yang terpatri di dadamu dengan Merah Putih di lengan kirimu sejak pertama Pasukan Garuda hingga yang saat ini, telah mengukir nama terbaik dan tidak ada yang bisa mengalahkan nama harum Pasukan Garuda dari semua pasukan PBB," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI mengingatkan bahwa penugasan ini merupakan tugas istimewa, karena dipercaya untuk menjadi Duta TNI, Duta Bangsa dan Negara di forum internasional.

"Apa yang kalian kerjakan di sana, itu akan menjadi cerminan kualitas TNI di hadapan tentara negara lain, sekaligus menjadi ukuran bagi bangsa dan negara lain dalam memandang dan memposisikan Indonesia di forum internasional," tegasnya.

"Saya tegaskan bahwa kalian telah melalui seleksi yang sangat panjang, kalian adalah prajurit-prajurit terpilih, prajurit-prajurit terbaik saat ini, maka kalian diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas membawa nama bangsa Indonesia," kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
0 Komentar