Selasa, 13 Desember 2016 18:14 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Cabai dan Bawang Merah Meroket

Editor : Rajaman
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Jelang hari raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, harga cabai dan bawang merah di Pasar Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) mengalami kenaikan.

Kenaikan harga bawang dan cabai merah berkisar Rp 3 ribu hingga Rp 20 ribu.

Salah seorang pembeli di Pasar Serpong, Chairunisa (35) mengatakan, dirinya mengeluhkan harga cabai dan bawang merah yang naik.

"Cabai dan bawang merah sangat dibutuhkan untuk memasak. Maka dengan kenaikan ini saya kaget, dan otomatis saya mengurangi takaran dalam belanja cabai dan bawang merah," ujar Chairunisa, Selasa (13/12/2016).

Kenaikan harga cabai dan bawang merah di Pasar Serpong, Tangsel, lantaran pasokan barang yang minim dari petani.

Sementara itu Salah seorang pedagang di Pasar Serpong, Junaedi (40) menjelaskan, kondisi ini sudah terjadi sejak seminggu terakhir.

"Yang saya dengar sih, banyak petani yang gagal panen karena cuaca hujan, makanya harga cabai dan bawang merah naik," kata Junaedi.

Belum lagi, lanjut Junaedi, kenaikan harga ini terjadi lantaran dari distibutor sedikit menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru.

"Pasokan dari distributor sangat sedikit. Kalau pun ada harga belinya sudah tinggi," jelasnya.

Dari pantauan di Pasar Serpong, kenaikan harga terjadi pada Cabai Hijau yang sebelumnya Rp 40 ribu naik menjadi Rp 50 ribu. Cabai Keriting dari Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu. Sedangkan bawang merah dari Rp 45 ribu menjadi Rp 48 ribu.
0 Komentar