Selasa, 13 Desember 2016 21:07 WIB

PMI Kabupaten Tangerang Krisis Golongan Darah AB

Editor : Danang Fajar
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, mengeluarkan keterangan resminya perihal kekurangan stok darah golongan AB.

Kurangnya stok darah golongan AB tersebut, dikarenakan minimnya pendonor yang mendonorkan darahnya dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

"Saat ini kami mengalami kekurangan golongan darah AB di Kabupaten Tangerang. Golongan darah tersebut termasuk masih sulit didapatkan di sini, tapi untuk golongan darah lainnya kalau hanya untuk melakukan cover bagi masyarakat Kabupaten Tangerang masih pada level aman atau cukup," ujar Soma Atmaja, Ketua PMI Kabupaten Tangerang, Selasa (13/12/2016).

Salah satu upaya yang terus dilakukan PMI dalam menjaga stok darah di Kabupaten Tangerang adalah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak, agar mereka berpartisipasi secara rutin melakukan donor darah ke PMI setempat.

"Beberapa waktu lalu kami sudah berupaya melakukan permintaan donor darah bagi para PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintahan Kabupaten Tangerang, serta melakukan donor darah dengan beberapa perusahaan di Kabupaten Tangerang," jelas Soma, yang juga sebagai kepala dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang.

Soma menambahkan, dirinya berharap dengan semakin sadarnya masyarakat terhadap budaya mendonor darah secara rutin 3 bulan sekali, maka akan semakin banyak masyarakat yang dapat tertolong.

"Jelas dong, semakin banyak pendonor semakin banyak juga stok darah yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Tangerang, saat nanti yang membutuhkan dalam keadaan darurat," pungkasnya.
0 Komentar