Rabu, 14 Desember 2016 13:32 WIB

Fahri Nilai Tangisan Ahok Tak Dibuat-buat

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tangisan terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) jadi perhatian dalam sidang perdananya.

Pemandangan itu memantik beragam penilaian publik.Termasuk dari Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Fahri mengakui, dirinya akan menangis bila berada dalam posisi yang sama dengan mantan Bupati Belitung Timur itu ketika menjalani sidang kasus penistaan agama.

Ia menilai hal wajar orang yang dianggap 'ganas' seperti Ahok dapat menangis karena menghadapi guncangan begitu besar dalam persidangan yang mendapatkan sorotan begitu besar khususnya dari umat muslim.

"Saya bisa mengerti orang seganas Ahok bisa menangis. Karena soal hati ini kan," kata Fahri di Gedung DPR, Rabu (14/12/2016).

Fahri menilai Ahok bukanlah sosok yang pandai bermain peran. Sebab itu, politikus PKS meyakini tangisan Ahok bukanlah dibuat-buat hanya demi mendapatkan simpati dari publik.

"Akting itu orang yang memiliki pengendalian diri yang baik. Dia kan tidak menunjukkan pengendalian diri yang baik. Kalau dia harus akting kan tidak sesuai dengan karakter dia. Ini pandangan manusiawi saya," nilainya.

Tangisan Ahok, menurut Fahri, dikarenakan goncangan keyakinan dalam dirinya dalam menghadapi kasus penistaan agama. Terlebih, kasus ini mengundang reaksi banyak orang dan bukan kasus hukum biasa.

"Nggak gampang orang menjadi tegar dengan kondisi seperti ini. Apalagi ada dramatisasi yang luar biasa," ujarnya.

Seperti diketahui, Terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama menangis saat membacakan nota pembelaan. Momen itu ketika Ahok menceritakan tentang keluarga angkatnya yang muslim.

Pantauan di lokasi sidang, Ahok berbicara sambil terbata-bata. Namun, tak lama Ahok tak kuasa menahan tangis hingga mengeluarkan air mata. Seorang petugas pun memberikan tisu kepada Ahok. Ahok menyeka air mata di wajah beberapa kali.
0 Komentar