Jumat, 16 Desember 2016 06:22 WIB

Rusia Bandingkan Turki dengan AS

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Rusia menyebut lebih mudah untuk berbicara dan melakukan negosiasi dengan Turki, dibanding dengan Amerika Serikat (AS).

Rusia dan Turki diketahui hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk mencapai kesepakatan soal Aleppo, yang saat ini sudah mulai berlaku.

Direktur Kerja Sama Eropa di Kementerian Luar Negeri Rusia, Andrei Kelin, mengatakan situasi di Suriah, khususnya di Aleppo sangat kompleks. Menurut Kelin, hal ini berdampak pada proses negosiasi.

Namun, Kelin mengaku, saat melakukan pembicaraan dengan Turki, situasinya tidak serumit dibanding jika melakukan pembicaraan dengan AS. Rusia dan AS sudah hampir dua pekan berusaha mencapai kesepakatan soal Aleppo, namun tidak pernah mencapai kata sepakat.

Kemudian, Moskow pada awal pekan ini memulai negosiasi dengan Ankara, dan kemarin keduanya mencapai kesepakatan mengenai Aleppo.

"Untuk kasus Aleppo, situasi dan proses negosiasi di sana memang sangat alot dan kompleks. Tapi, sejauh yang saya mengerti, bagi kami jauh lebih mudah untuk mencapai kesepakatan dengan Turki dibanding dengan pihak Amerika," ucap Kelin, seperti dilansir Reuters pada Kamis (15/12).

Kesepakatan yang dicapai Turki dan Rusia sendiri menjadi dasar bagi kesepakatan antara pemerintah dan pemberontak Suriah.

Dalam kesepakatan itu pemberontak dan pemerintah sepakat untuk melakukan gencatan, dan melakukan evakuasi massal warga sipil dan pemberontak di Aleppo timur.(exe/ist)
0 Komentar