Jumat, 16 Desember 2016 22:27 WIB

PRSI Janji Gelar Seleksi Polo Air untuk SEA Games 2017

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) akan menggelar seleksi nasional (seleknas) cabang polo air dalam rangka persiapan timnas menuju SEA Games 2017.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PRSI, Wisnu Wardhana, mengatakan seleknas akan digelar di minggu kedua atau ketiga bulan Januari 2017. Nantinya, saat seleksi, PRSI akan membentuk Badan Timnas yang juga dibantu oleh Satlak Prima.

"Seleknas akan dilakukan di bulan Januari di Jakarta. Nantinya para pemain yang akan dipanggil tidak hanya pemain baru saja, tetapi untuk para pemain nasional yang sebelumnya bermain di SEA Games Singapura dua tahun lalu juga," kata Wisnu dalam jumpa pers yang digelar di Wisma Bakrie 2, Jumat (16/12/2016).

Tes yang akan dijalani atlet di seleknas itu meliputi tes kebugaran dan fisik. Dari jumlah atlet yang akan mengikuti akan dipilih yang terbaik sebanyak 20 atlet dan kemudian setiap tiga bulan sekali akan diadakan promosi degradasi.

"Jumlah itu yang akan kami ajukan itu kepada Satlak Prima. Apakah nanti hasilnya pemain yang pernah bertanding di SEA Games kemarin akan terpilih lagi atau mungkin akan ada anggota baru. Itu nanti keputusannya ada pada pelatih atau di Badan Tim Nasional yang akan kami bentuk nanti," ungkap Wisnu.

Selain Badan Timnas, PRSI juga berencana menggaet pelatih asal Serbia untuk melatih timnas polo air. Tapi Wisnu belum bisa bicara lebih rinci lantaran belum sepenuhnya mencapai kata sepakat dengan sosok pelatih asing itu.

"Kemufakatan kami dengan pelatih asal Serbia sudah 95 persen, tapi kami belum mau menyebutkan namanya karena belum deal 100 persen. Kami juga masih menunggu kepastian dari Satlak untuk masalah anggaran yang kami ajukan dan kontrak yang akan kami ajukan disetujui. Jika sudah disetujui, kami akan panggil dia dan tandatangan kontrak," ucapnya.

SEA Games 2017 akan digelar pada bulan Agustus tahun depan. Praktis timnas polo air hanya punya waktu sekitar enam bulan untuk persiapan karena pelatnas dari Satlak Prima baru akan digelar pada 1 Februari.

Menurut Wisnu, kepengurusanya akan mengoptimalkan waktu yang ada dengan beragam program latihan sebelum menuju SEA Games, salah satunya uji coba di Serbia dan mengikuti Kejuaraan Dunia 'FINA World Development' di Jakarta pada Mei mendatang.

"Tenggat waktu itu adalah jangka waktu yang sudah kami sepakati dengan Satlak Prima. Ya, mungkin enam atau tujuh bulan persiapannya tapi saya rasa dari kepengurusan mungkin mengoptimalkan di dua atau tiga bulan pertama penyesuaian conditioning-nya. Setelah itu akan ada beberapa uji coba yang akan kami jalani salah satunya Serbia," bebernya.(exe/ist)
0 Komentar