Minggu, 18 Desember 2016 17:22 WIB

Dandim 0503/Jakbar Begadang demi Amankan Natal dan Tahun Baru

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Eggi Paksha

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Untuk mengamankaan libur Natal dan Tahun Baru, TNI dan Polri di berbagai daerah kerap menerjunkan pasukan di objek-objek vital dan titik-titik perjalanan.

Pengamanan juga berkoordinasi dengan lembaga keagamaan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan di masyarakat.

Dandim 0503/Jakarta Barat (Jakbar), Letkol Inf. Wahyu Yudhayana, juga memastikan kesiapan personelnya guna menunjang hal tersebut. Bahkan ditegaskannya, siap bekerja ekstra guna memberikan jamikan terkait keamanan dan ketertiban momen tersebut.

“Kami meningkatkan patroli setiap malam bersama tiga pilar. Fokusnya tahap sekarang pada tempat ibadah dan Umat Nasrani. Terutama karena adanya dinamika perkembangan ancaman teroris seperti yang terjadi di Bekasi,” ujarnya kepada Tigapilarnerws.com usai pembukaan Kejuaraan Tenis Meja Dandim 0503/Jakarta Barat Cup 2016, di Gor Batuah Baganal, Jakarta, Sabtu (17/12/2016).

“Kita terus dampingi dan meyakinkan saudara-saudara kita, pengurus gereja, agar mereka bisa persiapan pelaksanaan hingga nanti saat Natal, bisa berjalan dengan baik. Selain itu kita pantau tempat liburan dan hiburan agar semua bisa menjalani malam pergantian tahun sesuai harapan bersama,” tuturnya.

Dilanjutkannya, selain pengamanan yang dilakukan, juga meminta masyarakat proaktif melaporkan kegiatannya kepada polisian maupun TNI. Ditegaskannya lagi, juga sudah membuat rencana pengamanan termasuk personel yang diturunkan untuk bertugas menjaga tempat ibadah dan pusat keramaian masyarakat.

Langkah ini dilakukan demi terciptanya keamanan dan kenyamanan saat melakukan aktifitas menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Tidak perlu khawatir. Laksanakan saja aktifitas sesuai yang sudah direncanakan, sesuai tradisi, agama, daerah dan komunitas kita. Kegiatan saudara-saudara sekalian dilindung kita semua dan oleh undang-undangan," imbuhnya.

Lebih jauh diingatkan Wahyu, agar masyarakat mempersiapkan semua perangkat keamanan dan keselamatan jika ingin melakukan perjalanan ke luar rumah menggunakan kendaraan bermotor.

"Tapi ingat, harus tahu kemana tujuannya. Administrasi surat-surat juga harus lengkap. Jalan dengan baik ke tujuan yang ingin dicapai. Euforia juga jangan berlebiham dan hindari narkona yang dapat mengganggu ketertiban umum. Sehingga, tidak berurusan dengan kepolisian,” pungkasnya.(exe)
0 Komentar