Senin, 19 Desember 2016 13:33 WIB

Gubernur BI: Teknologi Tactile Effect di Uang Emisi 2016 Dukung Kaum Disabilitas

Editor : Rajaman
Laporan: Bili Achmad

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Bank Indoensia (BI) resmi meluncurkan desain baru untuk mata uang rupiah. Terlebih, mata uang dengan gambar para pahlawan ini diklaim dengan peningkatan sistem pengamanan melalui enam tipe teknologi. Salah satunya teknologi tactile effect mendukung masyarakat berkebutuhan khusus (disabilitas).

"Teknologi sama, hanya peningkatan saja, sekarang yang paling sederhana saja uang baru ini bisa memudahkan kaum disabilitas untuk mengenali jenis uangnya, karena bisa diraba," ucap Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus D.W. Martowardojo usai sosialisasi di Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2016).

Selebihnya, teknologi yang digunakan masih sama seperti uang Rupiah keluaran lama yakni teknologi color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, dan rectoverso.

"Yang lain seperti, pengujian ultraviolet, color shifting kalo kita gerakan warnanya berubah, ada juga dengan cara rectoverso dan latent image gambar dari depan ada elemen tidak beraturan kalo kita terawang ada bentuk logo Bank Indonesia, rainbow feature yaitu akan muncul gambar tersembunyi berwarna seperti pelangi berupa angka nominal uang, masih sama seperti uang lama," sambungnya.

Sekdar informasi, Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan uang dengan desain terbaru mulai dari tujuh jenis pecahan uang kertas mulai seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, lima puluh ribu, dan seratus ribu. Serta empat jenis uang logam pecahan seratus, dua ratus, lima ratus, dan seribu.
0 Komentar