Selasa, 20 Desember 2016 06:25 WIB

Polri Merasa Diuntungkan Terbitnya Uang Rupiah Baru

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bank Indonesia merilis 11 uang rupiah tahun emisi 2016, Senin (19/12/2016).

Yakni terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam, mulai Rp100.000 sampai Rp100. Uang rupiah baru ini bertemakan 12 pahlawan pada bagian depan dan kebudayaan, kekayaan alam dan flora Indonesia.

Uang rupiah tahun emisi 2016 ini mendapat apresiasi dari Kepolisian Republik Indonesia. Polri menyatakan rupiah baru memiliki 17 benteng yang tidak akan mudah dipalsukan. Di antaranya warna dan tinta yang digunakan hanya bisa dilihat melalui sinar ultra violet.

"Polri menyambut baik diterbitkannya uang rupiah baru, di mana uang tersebut ada uang kertas dan logam juga. Kalau dari tampilan, soal warnya sama sekali berubah," kata Kabag Penum Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Bagi Polri, uang baru sangat menguntungkan karena diharapkan menurunkan angka kejahatan terhadap pemalsuan uang, khususnya uang bernominal Rp 100.000.

"Terkait kasus pemalsuan uang di beberapa tempat, terutama Rp1.000 membuat peredaran uang terganggu. Kami dukung (uang rupiah baru) menjadi pencegahan buat uang palsu, dan bisa lebih terantisipasi," kata Martinus.

Sementara untuk uang rupiah yang lama, masyarakat tidak perlu khawatir karena penarikan dilakukan bertahap tidak secara langsung.

"Masyarakat enggak perlu cemas atau khawatir uang lama enggak berlaku, soalnya penarikan dari Bank Indonesia masih menunggu keputusan dari Bank Indonesia," tambah Martinus.(exe/ist)
0 Komentar