Rabu, 21 Desember 2016 10:13 WIB

Puluhan Tikus Mampang Dimusnahkan

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemkot Jakarta Selatan kembali melaksanakan gerakan berantas tikus. Kali ini, kegiatan pemberantasan tikus diadakan di Kecamatan Mampang Prapatan, Selasa (20/12/2016) malam.

Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh kelurahan di Kecamatan Mampang Prapatan.

Tri menuturkan, pembasmian hama tikus untuk mencegah penyebaran penyakit berbahaya yang disebabkan hewan pengerat ini seperti, leptospirosis dan pes. Selain itu, kegiatan ini untuk mengisi waktu warga sembari siskamling.

"Intinya ini silaturahmi kami dalam rangka siskamling menjaga kampung kita. Sambil siskamling kita basmi tikus, karena tikus yang predatornya ular sudah tidak ada, jadi mereka bebas berkembang biak. Bikin kampung kotor, merusak, dan mengancam kesehatan manusia," jelas Tri.

Gerakan berantas tikus ini diikuti puluhan orang yang terdiri dari warga, tokoh masyarakat, ormas kepemudaan, beberapa diantaranya tampak kaum Ibu. Tikus yang ditangkap diuangkan seharga Rp 20.000 per ekor.

Alhasil, 30 ekor tikus ditangkap lalu dimusnahkan dengan teknik fumigasi yaitu dengan memasukan tiran belerang yang dibakar ke dalam drum berisi tikus tangkapan.

Pada kesempatan itu, Tri tidak lupa mengingatkan warga supaya giat melaksanakan siskamling demi terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman.

"Ini tugas kita menjaga kampung, yang tahu kampung kita kan kita sendiri. Jangan sampai ada oknum yang mengganggu ketenangan kampung kita, ini yang perlu kita waspadai," pungkas Tri. (ist)

 
0 Komentar