Minggu, 25 Desember 2016 17:59 WIB

Arus Lalu Lintas Naik 25 Persen

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Arus lalu lintas saat mudik Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan sebanyak 25 persen dari tahun lalu.

Termasuk, Ditambahkannya pada arus lalin di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Di Cipali tidak ada kemacetan walaupun arus penumpang naik tapi arus lalin dalam kondisi baik. Kami ucapkan terima kasih terhadap steakholder dan kepada masyarakat. Cipali itu volumenya terbatas karena itu tidak mungkin bisa dilalui (terjadi peningkatan) karena itu kita lakukan buka-tutup," kata Menhub Budi Karya di kantornya, Jakarta, Minggu (25/12/2016).

Budi menjelaskan, arus mudik melalui moda transportasi kapal laut di Jakarta juga mengalami kenaikan sebesar 20 persen. Kendati demikian, dia memastikan tidak ada kenaikan harga tiket di atas tarif ‎abang batas.

"Kenaikan tarif itu memang hak mereka namun hanya saja akan terasa berat untuk penumpang dan untuk itu kita atur supaya tidak memberatkan. Transportasi barat atau penganggkut logistik juga mengalami kenaikan di Pelabuhan Merak ada kenaikan 20 persen baik penumpang maupun logistik," ucap Budi.

‎Budi menambahkan, bahwa moda transportasi pesawat terbang masih menjadi primadona bagi pemudik Natal dan Tahun Baru. Lewat data yang dihimpun Kemenhub, terjadi peningkatan hingga 15 persen dari biasanya.

"Pesawat terbang ada kenaikan hingga 15 persen. Di sisi ini menggambarkan ada peningkatan daya beli dan masyarakat itu saling mengunjungi dan harus ada peningkatan pelayanan dari bandara," tutur Budi.

"‎Untuk penumpang kapal laut itu peningkatan pada bagian timur dan memang masih dibutuhkan. Secara khusus kami menugaskan Eselon I untuk memastikan kapal itu selalu sehat. Kedua penumpang jangan berlebihan agar jangan terjadi lagi kapal karam dan nahkoda lebih koservatif," lanjut Budi.(exe/ist)

 
0 Komentar