Senin, 26 Desember 2016 19:37 WIB

Nistakan Agama Kristen, Habib Rizieq Dilaporkan ke Polisi

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab disangka melanggar Pasal 156A KUHP tentang penistaan agama.

Hal ini seiring dengan adanya laporan polisi ke SPKT Polda Metro Jaya oleh Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP-PMKRI), yang menyebut pengagas aksi bela Islam ini melakukan penistaan agama Kristen.

"Habib Rizieq disangkakan dengan Pasal 156A tentang penistaan agama," ucap Ketua Umum PP-PMKRI, Angelius Wake Kako, di depan gedung SPKT Polda Metro Jaya, Senin (26/12/2016).

Tak hanya itu, kata Angelius, pihaknya juga melaporkan akun sosial media yang menyebarkan video tersebut sehingga menjadi viral. Akun tersebut di antaranya, fauzi_ahmad_fiiqolby (Instagram) dan @SayaReya (Twitter).

"Untuk dua orang itu disangkakan dengan Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45 A Ayat 2 UU No.19 Tahun 2016 tentang ITE," cetusnya.

Dalam hal ini, lanjut Angelius, sebagai umat Kristiani, dia merasa terhina dengan adanya video ceramah Habib Rizieq yang melecehkan agamanya.

Menurutnya, hal ini merupakan bukti jika Indonesia minim adanya toleransi keberagamaan.

"Jujur sebagai ketua umum PP-PMKRI kami merasa terhina, merasa tersakiti dengan ucapan ungkapan kebencian yang disampaikan oleh sodara Babib Rizieq Sihab ini dan ini sebenarnya mencerminkan terkait dengan tidak adanya toleransi terhadap keberagaman yang ada di indonesia yang selama ini dipupuk oleh para leluhur kita dan juga oleh kita sampai saat ini," katanya.

"Indonesia ini dibangun atas dasar keberagaman, keperbedaan oleh sebab itu semua kita wajib menghargai perbedaan itu dengan tidak mencampur terlalu jauh apa yang telah menjadi ruang privat agama orang lain," sambungnya.

Sekadar informasi, dalam video yang tengah viral tersebut, Habib Rizieq diduga menistakan agama Kristen saat berceramah di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Minggu (25/12/2016).

Dalam video tersebut Habib Rizieq mengatakan, "Kalau dia ngucapin Habib Rizieq selamat Natal, artinya apa? selamat hari lahir Yesus Kristus sebagai anak Tuhan, saya jawab Lam Yalid Walam Yulad, Allah tidak beranak dan tidak diperanakan, kalau Tuhan beranak, bidannya siapa?"

Diketahui, video tersebut tersebar pertama kali di akun sosial media Instagram bernama fauzi_ahmad_fiiqolby dan lalu tersebar di Twitter lewat akun @SayaReya. Video Instagram tersebut baru saja diunggah, Minggu (25/12/2016).

 
0 Komentar