Selasa, 27 Desember 2016 11:41 WIB

DPR Desak Pemerintah Transparan Selesaikan TKA Ilegal Cina

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mendesak pemerintah menuntaskan secara transparan dan akuntabel persoalan tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Cina yang kini meresahkan masyarakat Indonesia di sejumlah daerah.

Menurut Agus, adanya temuan pemerintah daerah (Pemda) soal pelanggaran izin tinggal TKA asal Cina yang memakai visa turis harus ditindaklanjuti dengan fokus.

Ini mengingat, kebijakan bebas visa yang dikeluarkan oleh pemerintah harus bisa dijalankan dengan baik. Sebab, bila tak ada pengawasan yang ketat, maka kasus serupa akan terulang kembali.

"Sehingga TKA asal Cina yang masuk ini dicurigai masih sebagai turis, tapi disini dia melakukan tenaga-tenaga kasar tersebut. Sehingga kami mendorong pemerintah agar ini diselesaikan secara tuntas, transparan dan akuntabel dengan keterangan yang jelas," kata Agus di Gedung Nusantara DPR, Selasa (27/12/2016).

"Sedangkan nuansa batin di Indonesia, sekarang ini kan kita banyak membutuhkan lapangan pekerjaan. Apabila sektor formal yang memang bisa dilakukan masyarakat di Indonesia tentu sebaiknya dilakukan masyarakat kita," tambahnya.

Di sisi lain, kata Politikus Demokrat, saat ini di Cina sendiri mengalami perubahan industrial, dimana yang dulunya Cina fokus pada industri padat karya dan sektor UKM. Kini Cina berubah menjadi negara yang maju dengan teknologi yang cukup pesat.

Tak heran, lanjut Agus, bila Cina banyak melahirkan masyarakat yang tidak terampil karena tumbuh pesatnya kemajuan di negara tirai bambu tersebut.

"Untuk itu pasti di Cina banyak pengangguran-pengangguran karena banyak yang tidak punya keahlian, sehingga diperkirakan warga cina yang tidak punya keahlian hampir 45 juta orang," tuturnya.

"Dan ini serangan tidak hanya di Indonesia, tapi Cina serang seluruh negara kemana-mana," imbuhnya.
0 Komentar