Selasa, 27 Desember 2016 14:50 WIB

Tata Xenon XT D-Cab 4x4 Rambah Seram Timur

Editor : RB Siregar
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek Tata Motors di Indonesia mengumumkan mitra dealer 3S-nya di Cikarang PT Surya Tata Mandiri, menjual 8 unit Tata Xenon XT D-Cab 4x4 kepada CV Ambulance Pintar Indonesia (API).

API merupakan unit usaha karoseri dan spesialis pembuat ambulan. "Armada Xenon XT D-Cab 4x4 ini akan digunakan untuk kendaraan ambulan keliling di Pulau Seram bagian timur. Project ini merupakan bukti merek Tata Motors yang kuat dan irit dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan aplikasi, " ujar Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicles TMDI yang ikut mengantar langsung 8 unit Ambulan Xenon XT D-cab 4x4 ke Pulau Seram,Selasa (27/12/2016).

"Medan yang berat di Kepulauan Seram dengan dominasi off-road, jalan berbatu, jalan aspal pegunungan dan tanjakan-tanjakannya yang sangat curam sangat cocok dengan profil Tata Xenon XT D-Cab 4x4 yang dibekali torsi mumpuni dan suspensi yang empuk," pungkas Wilda.

Imron Bukhari, Direktur Utama PT API mengaku tertarik dengan Tata Xenon XT D-Cab 4x4 karena melihat peluncurannya di GIIAS 2016. "Lalu saya coba buktikan kenyamanan, performanya, dan konsumsi bahan bakarnya yang irit sesuai klaim TMDI. Dan semua yang dijanjikan memang terbukti. Oleh karena itu saya beranikan diri menawarkan kepada dinas-dinas Kesehatan Kabupaten, termasuk Kabupaten Pulau Seram bagian Timur," kata dia.

"Saya kira, dari sisi kenyamanan dan biaya operasional, Tata Xenon XT D-Cab 4x4 sangat cocok dijadikan kendaraan ambulan yang berorientasi pada kenyamanan pasien dan petugasnya. Karena irit BBM dan suspensinya empuk. Saat ke-8 unit diantar ke Pulau Seram, pengemudi bilang, jika merek lain dari pelabuhan Ambon ke Pulau Seram itu bisa menghabiskan satu tangki penuh, kalau Tata Xenon XT D-Cab 4x4, solar yang dihabiskan hanya setengah tangki dan masih ada sisa," kata Imron Bukhari.

Tim suku dinas kesehatan Pulau Seram Timur, lanjut Imron, juga telah mencoba ambulan Tata Xenon XT D-Cab 4x4. “Mereka awalnya tidak tertarik saat saya tawarkan Xenon XT D-Cab 4x4 sebagai basis ambulan yang mereka butuhkan. Namun setelah mencoba sendiri dan merasakan kenyamanannya, mereka positif mempercayakan armada Puskesmas kelilling ke Tata Xenon XT D-Cab 4x4."

Perjalanan ke Pulau Seram dari pelabuhan Ambon yang masuk gunung keluar gunung, khususnya rute Pelabuhan Ambon – Waipirit – Seram Timur. Di antara Waipirit – Seram Timur terdapat tanjakan SS (berbentuk S), yang sangat curam dan menanjak selama 3 jam penuh. Sementara total waktu tempuh dari Pelabuhan Ambon ke Pulau Seram Timur adalah 18 jam. Xenon XT D-Cab 4x4 berhasil membuktikan kemampuannya tanpa ada masalah berarti.

Mengenai ketersediaan suku cadang, menurut Imron, TMDI menjamin karena segera membuka cabang toko suku cadang khusus di Pulau Seram.
0 Komentar