Rabu, 28 Desember 2016 08:10 WIB

Jepang Tolak Minta Maaf soal Pearl Harbor

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengunjungi sejumlah situs di Hawaii jelang kunjungannya ke Pearl Harbor.

Abe,didampingi Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, akan melakukan kunjungan pertama kalinya yang dilakukan oleh pemimpin kedua negara sejak serangan pada tahun 1941.

"Abe akan berdoa untuk para korban yang tewas tetapi tidak akan mengucapkan permintaan maaf," kata para pembantunya seperti dikutip dari BBC, Selasa (27/12/2016).

Setelah mendarat, perdana menteri Jepang langsung menuju National Memorial Cemetery of the Pacific dan meletakkan karangan bunga. Ia berdiri untuk mengheningkan cipta sesaat di pemakaman dekat pusat kota Honolulu, tempat peringatan bagi mereka yang meninggal.

Abe dan Obama dijadwalkan akan berdoa untuk para korban tewas serangan Pearl Harbor di lokasi serangan sebelum mengadakan pertemuan puncak di Hawaii. Ini adalah pertemuan terakhir mereka sebelum Obama mundur pada bulan Januari.

Kunjungan Abe, tiga minggu setelah peringatan ke ke-75 serangan mematikan itu, adalah kunjungan balasan atas kunjungan Obama ke Hiroshima awal tahun ini. Hiroshima, bersama Nagasaki, adalah kota yang hancur akibat serangan bom atom AS ke Jepang sekaligus mengakhiri Perang Dunia II.(exe/ist)
0 Komentar