Rabu, 28 Desember 2016 12:32 WIB

Berikut Pengalihan Arus Saat Car Free Night

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menyiapkan pengalihan arus lalu lintas saat pelaksanaan car free night (CFN) pada malam pergantian tahun. Rencananya, penutupan jalan akan dilakukan mulai dari Patung Kuda hingga kawasan Semanggi.

Kepala Dishubtrans DKI Jakarta, Andri Yansyah menjelaskan, saat pelaksanaan CFN, konsepnya sama dengan car free day (CFD). Sehingga tidak boleh ada kendaraan yang melintas pada jalur yang sudah ditetapkan.

"Untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pengunjung, serta menjamin kegiatan masyarakat lainnya berjalan dengan lancar akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas," jelas Andri, Rabu (28/12/2016).

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan, yaitu kendaraan dari arah Utara ke Selatan, titik alih arus di Harmoni. Arus dari Jalan Hayam Wuruk yang mengarah ke Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Gunung Sahari, atau ke Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Tugu Tani, dan seterusnya.

Kemudian, arus lalu lintas dari Veteran Raya yang akan mengarah Merdeka Utara diluruskan ke Harmoni-Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

Arus dari Merdeka Timur yang mengarah ke Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira-Adipura Pasar Baru-Gunung Sahari atau Veteran Raya-Harmoni-Suryo Pranoto atau ke Jalan Gajah Mada.

Selain itu, arus dari Tugu Tani yang akan mengarah ke MH Thamrin diarahkan ke Jalan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Pasar Baru, dan seterusnya.

Akses-akses jalan yang menuju Jalan Sudirman-Thamrin akan diarahkan balik, baik yang dari sisi Barat ke Timur atau sebaliknya.

Sementara arus lalu lintas dari Cawang mengarah Sudirman akan dialihkan ke arah selatan Sudirman-Senopati dan seterusnya atau diluruskan ke arah Slipi.

Arus dari Slipi yang akan mengarah Sudirman diluruskan ke arah Cawang-Rasuna Said, dan seterusnya.

Arus dari Selatan atau Patimura Sisingamangaraja di alihkan ke barat Jalan Gatot Subroto atau ke timur arah Cawang. Apabila terjadi kepadatan di sekitar Semanggi alih arus akan dilaksanakan di Bundaran Senayan, yaitu arus dari Patimura/Senopati/Sisingamangaraja dialihkan ke Jalan Asia Afrika-Pakubuwono, dan seterusnya.

"Demikian juga arus lalu lintas yang dari jalan tol akan disesuaikan dengan distribusi arus, menyesuaikan perkembangan di lapangan," ucap Andri.

Andri menuturkan, pengalihan arus akan dimulai pukul 17.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB. Diimbau kepada masyarakat mulai pukul 01.00 WIB sudah meninggalkan lokasi CFN.

Pengendalian alih arus secara manual akan dilaksanakan oleh personel Ditlantas, Dishubtrans, dan fungsi-fungsi pengemban lalu lintas lainya.

"Semua akan dikendalikan dengan fasilitas dari RTMC, dengan demikian diharapkan masyarakat mengetahui perkembangan real time situasi lalu lintas," pungkas Andri. (ist)

 
0 Komentar