Kamis, 29 Desember 2016 23:31 WIB

Kapolri Tito Jamin Pelaksanaan Tahun Baru 2017 Aman

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Tito Karnavian, menjamin pelaksanaan malam pergantian Tahun Baru 2017 akan berjalan aman.

Ditemui setelah mengisi kuliah umum di Unair dengan tema "Peran dan Kebijakan Polri dalam menjaga persatuan Bangsa dalam Kebhinekaan di Indonesia", Kamis (29/12/2016), Tito mengatakan masyarakat tak perlu khawatir dengan keamanan pada malam tahun baru dan bisa melaksanakan kegiatan dengan baik.

"Tahun baru Insya Allah aman. Silakan masyarakat melaksanakan kegiatannya dengan baik, tidak usah main petasan atau mercon karena membahayakan," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan tahun baru dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dibandingkan keluar rumah, konvoi ataupun berpesta miras karena bisa mengganggu orang lain.

Ditanya tentang ancaman teror yang akan terjadi di malam pergantian tahun, Kapolri menjamin bahwa ancaman teror tidak akan terjadi karena Polri sudah mengantisipasi hal tersebut.

"Saya kira mudah-mudahan sudah dapat kita atasi meskipun kita tetap waspada. Penangkapan-penangkapan kita laksanakan, beberapa rencana terkait ancaman teror sudah kita deteksi dan sudah kita gagalkan," tegasnya.

Namun pihaknya tetap waspada dengan ancaman yang terjadi. Untuk itu dirinya siap bekerja sama dengan elemen terkait guna mengantisipasi ancaman-ancaman yang terjadi di malam pergantian tahun baru.

"Kepolisian sudah bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak terkait, entah dari pemda, TNI, organisasi masyarakat. Ini semua kami lakukan untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Polda Jatim akan menerjukan 12.350 personel pada sejumlah titik yang dianggap rawan pada malam pergantian tahun baru seperti tempat, perkumpulan orang dan jalan.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Anton Setiadji, mengatakan kondisi di Jatim relatif aman dan berharap kondisi yang sudah aman ini terus terjaga. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman dan tenang.

"Alhamdulillah situasi di Jatim kondusif. Semoga tidak ada apa-apa, sehingga tugas saya dari mengawali sampai akhir selesai tetap kondusif," paparnya.

Selain itu, Polda Jatim juga telah menetapkan status siaga 1 sejak 23 Desember hingga 1 Januari 2017.(exe/ist)
0 Komentar