Selasa, 03 Januari 2017 22:40 WIB

Menhub Budi Karya Akan Terapkan Tiket Online

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengaku tengah menggodok soal pembaharuan catatan daftar penumpang  dari manual ke online.

Dia pun berharap dengan pembaharuan itu tidak ada lagi penyelundupan penumpang dalam perjalanan, khususnya angkutan laut. Dia menambahkan, catatan daftar penumpang atau manifest online itu juga berlaku untuk kapal ojek.

"Kita lagi akan usahakan, nanti ada sistem yang setidaknya lebih mumpuni. Di antaranya nanti itu seperti online. Suatu yang tidak ada lagi orang nampung terus nanti disatukan ‎ke tempat yang lain," kata Budi di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (03/01/2017).

Di samping itu, Budi juga menyoroti soal akses menuju pelabuhan Kali Adem yang dinilai tidak layak. Menurut dia, pelabuhan Kali Adem yang dikelola oleh Dishub DKI Jakarta perlu banyak perbaikan.

Dia menyebutkan, ke depannya pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait pengelolaan Pelabuhan Kali Adem.

"Itu suatu hal yang penting yang diperhatikan. Tidak hanya berurusan dengan kapal tapi aksesbilitas ya. Tadi juga saya kaget masuk ke sini banjir," ujarnya.

Terakhir dia menyebutkan, bahwa dalam proses penyatuan pengelolaan Pelabuhan Kali Adem tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi, sambung dia, jika nanti dikelola bersama akan lebih menjamin keselamatan penumpang.

"Ini tidak bisa begitu saja untuk menyatukan, ini kewenangannya DKI, ya perhubungan itu hanya cenderung ke bagian keselamatannya. Ya tapi memang benar dapat mungkin bisa disatukan agar pengawasannya jauh lebih baik dari sebelumnya," tutup dia.(exe/ist)
0 Komentar